Detail Jam Gadang di Bukittinggi

Jika mengenal daerah Minangkabau, akan sangat ganjil jika tidak mengenal Jam Gadang. Sebuah icon besar kota Bukittinggi dimana bagian hamp...

Jika mengenal daerah Minangkabau, akan sangat ganjil jika tidak mengenal Jam Gadang. Sebuah icon besar kota Bukittinggi dimana bagian hamparan daerah Minangkabau dalam lingkup luhak nan tangah, Luhak Agam.

Jam Gadang merupakan sebuah 'monumen' besar dengan ada bagian penunjuk waktu di ke 4 sisinya. Berada di Bukittingi, Sumatera Barat. Jam ini berlokasi di pusat kota Bukittingi, dekat dengan pasar utama di kota ini, Pasar Atas. Jam gadang ini akan menjadi lokasi kunjungan wisata wajib, jika berkunjung ke kota Bukitinggi.

Tower penunjuk waktu ini dibangun pada zaman penjajahan Belanda, tahun 1926. Jam ini diberikan sebagai hadiah dari Ratu Belanda pada kota ini. Pembangunan Jam Gadang di-arsitek-i olehYazin dan Sutan Gigi Ameh. Pada pembangunan awal bentuk bagian atas tidak seperti yang terlihat sekarang.
Perubahan Bagian Atap Jam Gadang
Bagian puncak pernah mengalami masa perubahan pada masa pendudukan Jepang, berbentuk Jinja. Namun setelah kemerdekaan Indonesia bentuk bagian atas diubah sesuai dengan atap Rumah Gonjong di Minangkabau. 

Bagian jam memiliki diameter 31 inch atau sekitar 80 cm yang terdiri dari 4 buah jam. Tinggi Jam Gadang 85 kaki atau 26 meter. Keunikan yang kadang terlupakan pada Jam Gadang ini adalah bentuk angka 4. Jam yang menggunakan angka romawi ini, angka 4 yang seharusnya ditulis IV ; tetapi ditulis IIII.

Bagian dasar Jam Gadang berupa area dengan ukuran 13 m x 4 m. Bandul jam diletakkan pada tingkat paling atas. Jam ini sendiri bisa dilihat pada foto, terdiri dari 4 tingkatan. Bandul tersebut pernah patah saat bencana gempa tahun 2007. Untuk bisa tetap beroperasi, Jam ini tidak menggunakan batrai. Jam ini digerakkan dengan mekanik. Pada bagian lonceng jam terdapat nama pabrik pembuat Jam  Vortman Relinghausen. Mesin jam ini dibuat oleh Benhard Vortmen di Kota Relinhausen, Jerman.

Pembanguna bangunan ini tidak seperti arsitektur modern sekarang. Jam Gadang dibangun tanpa besi penyangga dan semen. Jam ini dibangun hanya dengan batu kapur, pasir putih dan putih telur saja.

Konon katanya mesin Jam Gadang ini hanya dua di dunia.  Satu digunakan Big Ben di Inggris, dan Jam Gadang di Bukittinggi. Pada setiap pergantian tahun, sekitaran Jam Gadang ini menjadi pusat berkumpul masyarakat dalam menyambut tahun baru.
Pemandangan dari foto di atas, Jam Gadang dengan sebaran tentara Belanda. Foto yang diambil dari facebook.com/group/SumaterabaratTempoDulu&kini. Foto ini diperkirakan pada tahun 1948.

Saat itu Bukittinggi menjadi kota vital di Sumatera. Tersebut sudah kala itu peristiwa PDRI (Pemerintahan Darurat Republik Indonesia) di bawah pimpinan bapak Sjafrudin Prawiranegara pasca jatuhnya Yogyakarta ke tangan Belanda.
Belanda tidak tinggal diam, alhasil Bukittinggi dan sekitarnya menjadi target operasi. Berikut salah satu potret pasca serangan Belanda tersebut.

Agiah Komen Gai La Sanak

Gugel: 2
Loading...
Nama

Adaik,35,bahasa minang,6,Budaya,70,Carito,14,Dibao Galak,8,istilah,14,Pantun,12,Papatah,8,Resep Minang,8,Sajarah,28,Tokoh,9,Warisan,24,
ltr
item
Minangkabau: Detail Jam Gadang di Bukittinggi
Detail Jam Gadang di Bukittinggi
https://4.bp.blogspot.com/-YAD7qmxt7CE/WAlCmfX-QuI/AAAAAAAAAyE/gE4zzLIWLKgnFQaNjsawm6ZOBnM9mUKxwCLcB/s400/detail%2Bjam%2Bgadang.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-YAD7qmxt7CE/WAlCmfX-QuI/AAAAAAAAAyE/gE4zzLIWLKgnFQaNjsawm6ZOBnM9mUKxwCLcB/s72-c/detail%2Bjam%2Bgadang.jpg
Minangkabau
http://www.anakminang.com/2015/12/details-of-jam-gadang.html
http://www.anakminang.com/
http://www.anakminang.com/
http://www.anakminang.com/2015/12/details-of-jam-gadang.html
true
2180777074329911998
UTF-8
Sadang Proses Indak Basuo Caliak Sadono Baco Langkok Baleh Indak Jadi Baleh Apuih Oleh Laman Utamo Laman Artikel Caliak Sadonyo Iko Lasuah Lo Tantang Kumpulano SEARCH Kasadono Ndak Basuo nan Sanan Mintak Baliak Ka Hal Utamo Akaik Sinayan Salasa Rabaa Kamih Jumaik Satu Akaik Sinayan Salasa Rabaa Kamih Jumaik Satu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Aguih September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Dec Sabanta Ko 1 minik nan lalu $$1$$ minik lalu 1 nan lalu $$1$$ jam nan lalu Karik Parang $$1$$ patang $$1$$ minggu patang labiah 5 minggu Followers Follow Iko Bamanpaik Bana Bagian dulu baru tabukak gembok no mah Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy