Sifat Niniak Mamak nan Ampek

Niniak mamak adalah pemimpin dalam tatanan masyarakat Minangkabau. Sedikit mengingatkan bahwasanya Minangkabau yang kental dengan agama Isla...

Niniak mamak adalah pemimpin dalam tatanan masyarakat Minangkabau. Sedikit mengingatkan bahwasanya Minangkabau yang kental dengan agama Islam, adaik basandi syarak, syarak basandi kitabullah. Kembali ke pada pemimpin atau niniak mamak. Untuk menjadi pemimpin atau niniak mamak ini, maka ada beberapa sifat dasar yang harus dimiliki, mutlak. Sifat sifat ini merujuk pada sifat nabi Muhammad SAW.

Bana - Siddiq

Arti siddiq ini adalah jujur. Seorang niniak mamak harus memiliki sifat benar ini. Karena sebagai pemimpin dan teladan bagi kemenakan serta kaumnya,  apa akan jadi jika pemimpin sendiri tidak benar. Semua harus benar, perkataan, perbuatan. 

Sangat tidak dibenarkan seorang niniak mamak berbohong. Jika berbohong, ini tentu akanberakibat fatal pada kepemimpinannya. Hilangnya rasa hormat kaum, hilangnya raas percaya kaum akan berakibat buruk pada kepemiminannya. Untuk itu adat telah menggariskan dalam susunan petuah bahwa seorang niniak mamak harus.

Ba jalan luruih bakato bana
Jalan luruih alua ta rantang
Luruihnyo Manahan tiliak
Ba labeh Manahan cubo
Bantuak di makan siku-siku.
Ba silang tombak dalam parang
Ba ribu batu panarung
Parik tabantang manghalangi
Tatagak paga nan kokoh
Badindiang sampai kalangik
Baampang sampai ka subarang
Namun bana dianjak tidak.

Manyampaikan - Tabligh 

Sifat berikutnya yaitu menyampaikan. Niniak mamak harus menyampaikan perihal segala sesuatu pada kemenakan dan kaumnya. Untuk itu seorang niniak mamak harus memiliki skill komunikasi yang memadai.

Kemampuan ini juga akan digunakan bagaimana seorang niniak mamak bisa berkomunikasi dengan baik dalam mnyelesaikan permasalahan. 

Dipercaya - Amanah

Terpilihnya seorang niniak mamak atau pangulu untuk memimpin kaum. Tentu telah dimusyawarahkan sebelumnya. Keterpilihan tersebut didasarkan atas kepercayaan kaum untuk menjadikannya sebagai seseorang yang didahulukan selangkah, ditinggikan seranting. 

Pada diri pemimpin yang terpilih, sangat diharuskan untuk menjaga kepercayaaan yang diberikan oleh kaum. Sifat inilah yang sangat wajib dimiliki oleh seorang pemimpin. Jika tidak, kepemimpinan yang gagal akan menjadi ujung yang tak terelakkan.

Pandai  - Fathanah

Sifat syarat mutlak seorang niniak mamak yang terakhir adalah cerdas. Seorang niniak mamak harus memiliki ilmu pengetahuan yang luas. Wawasan yang luas, terutama sekali pengetahuan tentang seluk beluk hukum dan adat Minangkabau.

Tanpa pengetahuan tersebut, akan mustahil seorang niniak mamak akan dihargai. Ingatlah niniak mamak tersebut harus menjadi sumber teladan, sumber pengetahuan bagi kemenakan dan kaumnya. Petatah adat mengungkapkan pandai-nya niniak mamak ini bisa berguna untuk siapa saja, anak, kemenakan dan orang lain.
Kaluak paku kacang balimbiang
Tampuruang lenggang lenggokkan
Baok manurun ka saruaso
Tanamlah siriah jo ureknyo
Anak dipangku kamanakan dibimbiang
Urang kampuang dipatenggangkan
Tenggang nagari jan binaso
Tenggang sarato jo adatnyo
Demikian sifat mutlak yang harus dimiliki oleh seorang niniak mamak. Tanpa memiliki empat sifat mutlak ini, alamat akan gagal kepemimpinan dan akan berisiko besar terhadap kelangsungan dan eksistensi kaum yang dipimpin.

Agiah Komen Gai La Sanak

Nama

Adaik,35,bahasa minang,6,Budaya,70,Carito,14,Dibao Galak,8,istilah,14,Pantun,12,Papatah,8,Resep Minang,8,Sajarah,28,Tokoh,9,Warisan,24,
ltr
item
Minangkabau: Sifat Niniak Mamak nan Ampek
Sifat Niniak Mamak nan Ampek
https://4.bp.blogspot.com/-hZaDs2Lfrmk/WAk04QyEPgI/AAAAAAAAAxs/FXsjB1G3rloeZzbF8YHWSmtoNpCcdy5QwCEw/s1600/fungsi%2Bdan%2Bperan%2Bniniak%2Bmamak%2Bdi%2Bminangkabau.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-hZaDs2Lfrmk/WAk04QyEPgI/AAAAAAAAAxs/FXsjB1G3rloeZzbF8YHWSmtoNpCcdy5QwCEw/s72-c/fungsi%2Bdan%2Bperan%2Bniniak%2Bmamak%2Bdi%2Bminangkabau.jpg
Minangkabau
http://www.anakminang.com/2016/10/sifat-niniak-mamak-nan-ampek.html
http://www.anakminang.com/
http://www.anakminang.com/
http://www.anakminang.com/2016/10/sifat-niniak-mamak-nan-ampek.html
true
2180777074329911998
UTF-8
Sadang Proses Indak Basuo Caliak Sadono Baco Langkok Baleh Indak Jadi Baleh Apuih Oleh Laman Utamo Laman Artikel Caliak Sadonyo Iko Lasuah Lo Tantang Kumpulano SEARCH Kasadono Ndak Basuo nan Sanan Mintak Baliak Ka Hal Utamo Akaik Sinayan Salasa Rabaa Kamih Jumaik Satu Akaik Sinayan Salasa Rabaa Kamih Jumaik Satu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Aguih September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Dec Sabanta Ko 1 minik nan lalu $$1$$ minik lalu 1 nan lalu $$1$$ jam nan lalu Karik Parang $$1$$ patang $$1$$ minggu patang labiah 5 minggu Followers Follow Iko Bamanpaik Bana Bagian dulu baru tabukak gembok no mah Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy