Tipe Tipe Menyuap Nasi dalam Adat Minangkabau

Sebagaimana telah kita singgung dalam uraian terdahulu bahwa adat Minangkabau itu mengatur seluruh aspek / bidang kehidupan manusia Minangk...

Sebagaimana telah kita singgung dalam uraian terdahulu bahwa adat Minangkabau itu mengatur seluruh aspek / bidang kehidupan manusia Minangkabau mulai dari masalah yang sekecil-kecilnya sampai kepada masalah yang sebesar-besarnya. Hiduik dikanduang adat, mati dikanduang tanah. Mulai dari masalah yang kecil-kecil, seperti masalah politik, ekonomi, hukum dan sebagainya, juga diatur oleh adat.
Suok atau suap adalah salah satu ukuran / indikator yang dipakai oleh adat untuk menilai seseorang dalam hal makan beradat atau tidak. Apakah cara makan seorang manusia sama dengan cara makan seekor binatang atau hewan. Dengan mencontoh / merujuk pada alam takambang, maka setelah melihat pada suok seseorang pada waktu makan, dapat diketahui bahwa seseorang itu beradat atau tidak.
kepribadian dari cara menyuap nasi
Ada 4 macam suok yang diajarkan oleh adat, dimana dari yang 4 macam suok ini hanya satu yang paling ideal menurut adat, yang harus dicontoh oleh manusia. Keempat macam suok menurut adat tersebut adalah :

Suok Tapak Kudo

Ukuran suok tapak kudo ini adalah ukuran suok yang tidak dibenarkan oleh adat dalam hal seseorang sedang makan, sebab suok tapak kudo ini ukurannya relatif besar dan tak sesuai dengan mungkin jo patuik, sehingga kalau makan dengan suok tapak kudo, biasanya mulut kita akan penuh, ibarat monyet makan. Disamping bentuknya tidak bagus, dari segi kesehatan juga merusak kesehatan kita, karena makanan yang kita makan tidak bisa kita kunyah secara sempurna karena ukurannya terlalu banyak.

Suok Tapak Gajah

Ukuran suok tapak gajah ini lebih besar lagi dari suok tapak kudo, dan sangat bertentangan dengan adat serta tidak sesuai dengan mungkin jo patuik. Apalagi kalau ditinjau dari segi kesehatan, disamping bentuknya yang sangat tidak baik. Tindakan ini jelas tidak beradat, karena adat mengajarkan suok kita dalam makan harus sesuai dengan mungkin jo patuik. 

Adat mengajarkan hiduik maniru, makan basantok. Makan sasuok duo suok, cukuik katigo kanyang, minum saraguak duo raguak, cukuik katigo pueh. Artinya bataratik (tertib) beradat, sesuai dengan mungkin jo patuik. Malabihi ancak-ancak mangurangi sio-sio.

Suok Kawuik Tak Sudah

Suok (suap) kawik tak sudah ini biasanya dilakukan dengan cara meremas-remas makanan yang akan disuap, tetapi remasannya tidak sempurna, sehingga kalau diangkat kemulut nasinya akan berserakan kembali kepiring. Hal ini dilihat kurang baik, karena seperti cara makan anak kecil yang belum tahu mungkin jo patuik. Suok kawik tak sudah ini juga tidak dibenarkan oleh adat.

Suok di Ujuang Jari

Suok di ujuang jari ini adalah ukuran suok yang paling ideal menurut adat. Suok ini sangat sesuai dengan mungkin jo patuik. Ukuran ideal ini di lukiskan atau ditandai di ujuang jari, banyak tidak, sedikitpun tidak, tetapi sedang, sesuai dengan jo patuik. Bentuknya baik, terlihat sangat bataratik (Baradat). 

Tidak seperti monyet atau anak kecil makan nasi. Tidak bertebaran kesana-kesini, disamping itu dari segi kesehatan karena ukurannya sedang, sesuai dengan mungkin jo patuik, sehingga kita punya kesempatan untuk dapat mengunyah nasi secara baik dan sempurna. Sehingga makan betul-betul bermanfaat untuk kekuatan tubuh (kesehatan).

Agiah Komen Gai La Sanak

   


Nama

Adaik,35,bahasa minang,6,Budaya,72,Carito,14,Dibao Galak,8,istilah,14,Pantun,12,Papatah,9,Resep Minang,9,Sajarah,31,Tokoh,10,Warisan,27,
ltr
item
Minangkabau: Tipe Tipe Menyuap Nasi dalam Adat Minangkabau
Tipe Tipe Menyuap Nasi dalam Adat Minangkabau
https://2.bp.blogspot.com/-8jE-YjKv3Wo/WApRs1a6R-I/AAAAAAAAA2o/RJXwjQEpGHgPFxWjolvwTaiPzRaBIOCCACLcB/s1600/adat%2Bminangkabau.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-8jE-YjKv3Wo/WApRs1a6R-I/AAAAAAAAA2o/RJXwjQEpGHgPFxWjolvwTaiPzRaBIOCCACLcB/s72-c/adat%2Bminangkabau.jpg
Minangkabau
http://www.anakminang.com/2016/11/tipe-tipe-menyuap-nasi-dalam-adat.html
http://www.anakminang.com/
http://www.anakminang.com/
http://www.anakminang.com/2016/11/tipe-tipe-menyuap-nasi-dalam-adat.html
true
2180777074329911998
UTF-8
Sadang Proses Indak Basuo Caliak Sadono Baco Langkok Baleh Indak Jadi Baleh Apuih Oleh Laman Utamo Laman Artikel Caliak Sadonyo Iko Lasuah Lo Tantang Kumpulano SEARCH Kasadono Ndak Basuo nan Sanan Mintak Baliak Ka Hal Utamo Akaik Sinayan Salasa Rabaa Kamih Jumaik Satu Akaik Sinayan Salasa Rabaa Kamih Jumaik Satu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Aguih September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Dec Sabanta Ko 1 minik nan lalu $$1$$ minik lalu 1 nan lalu $$1$$ jam nan lalu Karik Parang $$1$$ patang $$1$$ minggu patang labiah 5 minggu Followers Follow Iko Bamanpaik Bana Bagian dulu baru tabukak gembok no mah Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy