Cara Membuat Teh Talua (Minuman Kuliner Minangkabau)

Bagi sanak sanak Biai nan dari Minangkabau. Jika tidak tahu apa itu teh talua. Andia kalian mah. Bagi yang berasal dari luar Minangkabau w...

Bagi sanak sanak Biai nan dari Minangkabau. Jika tidak tahu apa itu teh talua. Andia kalian mah. Bagi yang berasal dari luar Minangkabau wajar kalau tidak tahu. Teh Talua merupakan minuman paling legend dari generasi ke generasi di Minangkabau. Teh Telor, begitulah jika dibawakan ke dalam bahasa Indonesia.
Teh telor atau teh talua ini dibuat dari campuran air teh dengan kuning telur. Telur yang dipilih biasanya adalah telur ayam kampung atau telur bebek. Biasanya akan disajikan saat sarapan pagi. Tetapi tak kalah nikmatnya jika dinikmati ketika malam atau siang hari. Selain menggunakan teh, opsi lain juga bisa diganti dengan kopi. Namanya akan jadi kopi talua.


Buat yang bukan orang Minangkabau dan belum pernah mencoba pasti akan bertanya. Apa tidak amis? Jawabannya sederhana, emang orang Minangkabau suka yang amis? Begini jika dibuat dengan baik dan benar akan sangat nikmat. Untuk itulah berikut ini Biai berikan rahasia cara membuat teh talua yang baik dan benar.
cara membuat teh talua agar tidak amis
Mirip Cappucino, tapi Lebih enak dan Bergizi Teh Talua
Sebelum diberitahu cara membuat teh talua. Minuman kuliner yang hanya ada di Minangkabau (dirantau juga ada tapi pasti orang Minang yang bisa membuatnya) dikenal sebagai minuman yang mampu meningkatkan stamina. Bahkan biasanya penganten baru akan disuguhi ini, maksudnya biar sang suami giat bekerja keras. Behahahaha.

Cara Membuat Teh Talua Tanpa Amis

Persiapkan secangkir air seduhan teh tanpa gula dan panas mendidih. Pada gelas lainnya, Putih telurnya (telur ayam kampung / telur bebek) dipisahkan dulu dari kuning telur kemudian diaduk dengan mencampurkan gula pasir dan sedikit garam. Sekali lagi ditekankan, kuningnya saja.

Penyebab amis sebenarnya berasal dari putih telur. Jadi semakin tidak ada putih telur tercampur maka akan semakin baik. Inilah kunci agar teh talua agar tidak amis. Skill pembuat teh talua ini terlihat dari bagaimana cara memisahkan kuning telur tersebut dari putihnya.

Campuran gula dan kuning telur tersebut dikocok. Biasa digunakan seikat lidi untuk mengocoknya. Atau bisa juga dengan sendok. Tetapi untuk jaman modern, anda bisa menggunakan mixer. Kocok di kocok terus sampai berwarna putih dan mengental.

Sekarang seduh kocokan tadi dengan air teh tawar. Usahakan air teh tawar tersebut panas. Biar lebih enak. Sementara jika anda ingin membuat kopi talua. Bubuk kopi diaduk bersama gula dan kuning telur. Untuk penyeduhan digunakan air putih yang panas. (tukang tulih : Biai)

Agiah Komen Gai La Sanak

Nama

Adaik,35,bahasa minang,6,Budaya,70,Carito,14,Dibao Galak,8,istilah,14,Pantun,12,Papatah,8,Resep Minang,8,Sajarah,28,Tokoh,9,Warisan,24,
ltr
item
Minangkabau: Cara Membuat Teh Talua (Minuman Kuliner Minangkabau)
Cara Membuat Teh Talua (Minuman Kuliner Minangkabau)
https://3.bp.blogspot.com/-oPVMHhuFu8k/WExK8s9FmyI/AAAAAAAABEw/hQQBT3TzteYv5CY1E9OH6fqCVcdtd2CPwCLcB/s320/di%2BMinangkabau.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-oPVMHhuFu8k/WExK8s9FmyI/AAAAAAAABEw/hQQBT3TzteYv5CY1E9OH6fqCVcdtd2CPwCLcB/s72-c/di%2BMinangkabau.jpg
Minangkabau
http://www.anakminang.com/2016/12/cara-membuat-teh-talua-minuman-kuliner.html
http://www.anakminang.com/
http://www.anakminang.com/
http://www.anakminang.com/2016/12/cara-membuat-teh-talua-minuman-kuliner.html
true
2180777074329911998
UTF-8
Sadang Proses Indak Basuo Caliak Sadono Baco Langkok Baleh Indak Jadi Baleh Apuih Oleh Laman Utamo Laman Artikel Caliak Sadonyo Iko Lasuah Lo Tantang Kumpulano SEARCH Kasadono Ndak Basuo nan Sanan Mintak Baliak Ka Hal Utamo Akaik Sinayan Salasa Rabaa Kamih Jumaik Satu Akaik Sinayan Salasa Rabaa Kamih Jumaik Satu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Aguih September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Dec Sabanta Ko 1 minik nan lalu $$1$$ minik lalu 1 nan lalu $$1$$ jam nan lalu Karik Parang $$1$$ patang $$1$$ minggu patang labiah 5 minggu Followers Follow Iko Bamanpaik Bana Bagian dulu baru tabukak gembok no mah Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy