Karya Sastra dari Minangkabau

Lingkar pembicaraan budaya Minangkabau tidak sebatas sejarah dan adat saja. Dari sisi lain kebudayaan yang tinggi berkembang dalam kebudayaa...

Lingkar pembicaraan budaya Minangkabau tidak sebatas sejarah dan adat saja. Dari sisi lain kebudayaan yang tinggi berkembang dalam kebudayaan sastra. Sebuah karya sastra ditulis sebagai bentuk gambaran dan deskripsi kehidupan masyarakat pada waktu tertentu.

Seni yang menjadi nyawa dalam karya sastra. Sedemikian juga halnya dalam Karya sastra di Minangkabau. Bahasa ibu, menjadi media utama penyampaian karya ini. Di sampaikan bagaimana kehidupan kehidupan manusia menjadi pelajaran dan disampaikan dalam bentuk hiburan.

Dalam karya sastra minangkabau ini, dikaitkan dengan kebiasaan, adat, falsafah yang ada di ranah Minang. Bentuk karya sastra dari Minangkabau secara garis besar bisa dikelompokkan dalam dua jenis. Karya sastra prosa dan puisi.

Prosa dalam Budaya Minangkabau

Sajian karya sastra prosa ini diungkapkan dalam bentuk bahasa dengan keindahan irama tertentu. Pada mulanya karya ini diturunkan dan diceriterakan dalam bentuk lisan saja. Kemudian setelah mengenal tulisan maka mulai dibukukan dalam bentuk tulisan arab-melayu. Baru pada perkembangan berikutnya ditulis dalam bentuk tulisan latin yang kita gunakan sekarang.

Bentuk prosa yang sangat populer adalah kaba. Kaba adalah kisah kehidupan sosial masyarakat yang diangkat dalam bentuk cerita. Mungkin ini jika dibandingkan sebanding dengan novel. Namun, keindahan bahasa kaba, jika dipahami sangat indah dan mengandung nilai kehidupan yang lebih tinggi.

Berdasarkan periodenya, kaba ini bisa dikelompokkan menjadi 'kaba klasik' dan 'kaba baru'. Kaba klasik berusu kehidupan masyarakat Minangkabau dimasa lalu. Contoh kaba klasik seperti Cindua Mato, Anggun nan Tongga, Malin Deman, Sabai nan Aluih.

Sementara untuk kaba baru, mengangkat kehidupan kontemporer masyarakat Minang. Contohnya cerita cerita hasil karya Yus Datuak Parpatiah, seperti Mak Enggi. Terkait : Download Karya Karya Yus Datuak Parpatiah.

Puisi Dalam Sastra Minangkabau

Bentuk karya sastra Puisi merupakan kumpulan beberapa baris bersajak. Puisi ini yang banyak paling banyak digunakan hingga sekarang ini. Sebut aja Pantun, Sambah-Manyambah. Keterikatan pasti dalam sastra ini ada pada irama, baris dan bait.

Contoh Pantun Minangkabau.
Anak Gadih mangarek kuku
Di karek pisau si rauik
Pangarek si batuang tuo
Batuang tuo elok ka lantai
Nagari ba ampek suku
Ba hindu babuah paruik
Kampuang di bari batuo
Rumah dibari ba tungganai
Dari Pantun di atas terlihat ada persamaan bunyi antara 4 baris awal dengan 4 baris akhir pada bagian akhir katanya. 4 Baris awal disebut dengan sampiran sementara empat baris akhir adalah bagian isi yang akan disampaikan.

Agiah Komen Gai La Sanak

Nama

Adaik,35,bahasa minang,6,Budaya,70,Carito,14,Dibao Galak,8,istilah,14,Pantun,12,Papatah,8,Resep Minang,8,Sajarah,28,Tokoh,9,Warisan,24,
ltr
item
Minangkabau: Karya Sastra dari Minangkabau
Karya Sastra dari Minangkabau
https://3.bp.blogspot.com/--qISsu77ISA/WApUnceL7HI/AAAAAAAAA3E/I9MbCUo9ISA36au7fWarOEHoxQuXqKySgCPcB/s1600/adat%2Bminangkabau.jpg
https://3.bp.blogspot.com/--qISsu77ISA/WApUnceL7HI/AAAAAAAAA3E/I9MbCUo9ISA36au7fWarOEHoxQuXqKySgCPcB/s72-c/adat%2Bminangkabau.jpg
Minangkabau
http://www.anakminang.com/2016/12/karya-sastra-dari-minangkabau.html
http://www.anakminang.com/
http://www.anakminang.com/
http://www.anakminang.com/2016/12/karya-sastra-dari-minangkabau.html
true
2180777074329911998
UTF-8
Sadang Proses Indak Basuo Caliak Sadono Baco Langkok Baleh Indak Jadi Baleh Apuih Oleh Laman Utamo Laman Artikel Caliak Sadonyo Iko Lasuah Lo Tantang Kumpulano SEARCH Kasadono Ndak Basuo nan Sanan Mintak Baliak Ka Hal Utamo Akaik Sinayan Salasa Rabaa Kamih Jumaik Satu Akaik Sinayan Salasa Rabaa Kamih Jumaik Satu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Aguih September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Dec Sabanta Ko 1 minik nan lalu $$1$$ minik lalu 1 nan lalu $$1$$ jam nan lalu Karik Parang $$1$$ patang $$1$$ minggu patang labiah 5 minggu Followers Follow Iko Bamanpaik Bana Bagian dulu baru tabukak gembok no mah Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy