Pelajaran Hidup dari Membuat Rendang

Aden urang Minang, Gadang makan Randang. Rendang di dunia internasional menyebutnya, salah satu makanan yang sudah populer sebagai karakter...

Aden urang Minang, Gadang makan Randang. Rendang di dunia internasional menyebutnya, salah satu makanan yang sudah populer sebagai karakter khusus dari Minangkabau. Usut punya cerita ternyata di Malaysia, juga ada rendang. Tetapi rendang mereka hampir sama dengan Kalio atau rendang masih belum terlalu matang.
gulai kalio dari padang
Tuhan, Bukalah mata orang yang mengatakan kalau gambar ini rendang
Biasanya pada rendang akan lebih enak jika ditambahkan kentang berukuran kecil. Bisa juga ditambahkan ubi yang dicincang sebagai ‘kinco’ rendang. Rendang ala Minangkabau hitam dan kering. Mungkin jika pergi ke Rumah Makan Padang agak jarang yang ditemui ‘nan sabana randang’. Umumnya rendang yang dijual di Rumah Makan Padang di luar negeri (di luar Minangkabau) masih basah dan bewarna coklat.

Untuk membuat rendang ini dulu bisa dibuat dalam waktu seharian. Bukan perkara mudah, dari mencampur bahan hingga memasak dengan ‘ma unyai’ di atas api yang tidak terlalu besar. Dari pembuatan rendang yang lama tersebut, sampai menghitam maka akan diperoleh rendang yang kualitasnya super alias tahan lama. Dari proses pembuatan tersebut menunjukkan bagaimana kepribadian seorang Minangkabau sejati.

Sabar berusaha danTelaten Bialah Saba dulu untuak nan pasti

Jelas dari bagaimana proses rendang dibuat dari proses awal mencampurkan berbagai bumbu seperti bawang segala bawang kecuali bawang perai (daun bawang kata orang Indonesia). Cabe, memeras santan, hingga memasak ditungku sampai rendang mengering.

Dalam keteatenan juga terlihat dari pemotongan daging yang tak sembarangan. Jika terlalu tebal maka tidak akan menyerap bumbu, jika terlalu kecil maka daging akan hancur.

Selanjutnya dari mengaduk. Rendang dimasak dengan mengaduk-aduk perlahan secara periodik. Nyala api tidak boleh terlalu besar. Di sini kesabaran akan diuji. Rendang tidak bisa dimasak dengan instan seperti Supermi (kata orang orang seisuk).

Semua dilakukan dengan telaten dan sabar. Tujuannya pasti membuat rendang. Tanpa dua sikap tersebut maka tiada rendang. Begitu juga dengan kehidupan tanpa dua hal tersebut, jangan berharap apa-apa dari sebuah usaha.

Bersatu dan Pandai Menimbang Rasa

Kesatuan banyak bumbu tersebut akan menjadi satu rasa. Seperti itulah orang Minang, bersatu. Ibarat pepatah orang tua, bersatu kita teguh bercerai jangan lupa minta surat kuning.

Kemudian dalam menakar bumbu rendang. Semua dihayati dengan perasaan. Lihat saja jika amak amak memasak rendang. Tidak ada takaran bawang merah 2 siung, bawang putih 4 siung, cabe giling 2 sendok nasi. Tak ada. Semua dilakukan dengan perasaan.

Berhemat

Jika rendang telah jadi, maka rendang yang dibuat tersebut akan disimpan. Karena tahan lama bahkan sampai sebulan. Selama itu maka makanan kita pasti rendang.

Itulah rendang, mengajarkan untuk berhemat. Selama masih ada rendang tersebut habiskan dulu. Tapi apa kita bosan dengan rendang itu? Tidak sama sekali. Istilahnya berhematlah, pakai yang ada itu dulu. Itulah hal-hal yang diajarkan pada kehidupan ketika membuat rendang. (tulisan kiriman Erza Putri Pandano)

Agiah Komen Gai La Sanak

Nama

Adaik,35,bahasa minang,6,Budaya,70,Carito,14,Dibao Galak,8,istilah,14,Pantun,12,Papatah,8,Resep Minang,8,Sajarah,28,Tokoh,9,Warisan,24,
ltr
item
Minangkabau: Pelajaran Hidup dari Membuat Rendang
Pelajaran Hidup dari Membuat Rendang
https://1.bp.blogspot.com/-NKp7Ay_4a68/WFh5CN0BqhI/AAAAAAAAEFg/rCwNDmjS8R8nJDQlHw0iQcPv9vTNu8KAACLcB/s400/ufc%2Bone%2Bpride%2Bmma%2Bsport.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-NKp7Ay_4a68/WFh5CN0BqhI/AAAAAAAAEFg/rCwNDmjS8R8nJDQlHw0iQcPv9vTNu8KAACLcB/s72-c/ufc%2Bone%2Bpride%2Bmma%2Bsport.jpg
Minangkabau
http://www.anakminang.com/2016/12/pelajaran-hidup-dari-membuat-rendang.html
http://www.anakminang.com/
http://www.anakminang.com/
http://www.anakminang.com/2016/12/pelajaran-hidup-dari-membuat-rendang.html
true
2180777074329911998
UTF-8
Sadang Proses Indak Basuo Caliak Sadono Baco Langkok Baleh Indak Jadi Baleh Apuih Oleh Laman Utamo Laman Artikel Caliak Sadonyo Iko Lasuah Lo Tantang Kumpulano SEARCH Kasadono Ndak Basuo nan Sanan Mintak Baliak Ka Hal Utamo Akaik Sinayan Salasa Rabaa Kamih Jumaik Satu Akaik Sinayan Salasa Rabaa Kamih Jumaik Satu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Aguih September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Dec Sabanta Ko 1 minik nan lalu $$1$$ minik lalu 1 nan lalu $$1$$ jam nan lalu Karik Parang $$1$$ patang $$1$$ minggu patang labiah 5 minggu Followers Follow Iko Bamanpaik Bana Bagian dulu baru tabukak gembok no mah Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy