Resep dan Cara Membuat Ayam Balado Ijo

Kehidupan orang orang Minang tak akan lepas dari yang namanya sambel atau cabe. Karena pedas adalah ciri khas Minangkabau. Jika tidak cabai...

Kehidupan orang orang Minang tak akan lepas dari yang namanya sambel atau cabe. Karena pedas adalah ciri khas Minangkabau. Jika tidak cabai merah dipakai cabe hijau. Semua masakan (lauk) untuk makan nasi pasti menggunakan cabe. Bahkan makanan yang diberi cabe yang di Minangkabau disebut ‘balado’ telah mendunia. Mulai dari bumbu instan hingga makanan dari luar negeri mengadaptasi ini. Sebut saja, pizza ; jauh dari italia sekarang ada suatu rasa dengan embel balado –nya. Kurang hebat apa orang Minang. Baca Juga : Kata Kata dalam Bahasa Minang yang digunakan dalam Bahasa Inggris.

Kali ini Biai akan memberikan resep dan cara memasak lauk dengan bahan baku ayam. Jika sering makan di rumah makan padang pasti sudah tahulah, ayam sambel ijo ; ayam balado ijo ; ayam balado ijau.
resep dan cara membuat ayam balado
Ayam Balado Hijau
Bahan untuk membuat ayam balado hijau yang harus dipersiapkan adalah.
  1. Seekor ayam (yang sudah dibersihkan dan dipotong menurut selera anda); PENTING: Jangan ayam tetangga atau ayam yang sedang kuliah ya!
  2. Jeruk nipis 1 sendok makan
  3. Garam sesuai selera anda
  4. Minyak goreng yang digunakan nanti untuk menumis.
  5. Daun jeruk 3 lembar, serai 2 buah
  6. Bumbu halus dibuat dari : bawang merah dan bawang putih 8 butir (gak pakai ibu tirinya ya). Cabe Hijau kira kira 20 buah dan dihaluskan ; jahe ; kemiri 3 butir ; kunyit ; dan garam.
Jika semua bahan telah tersedia. Here we go to next steps. Ini cara memasak ayam balado hijau atau ayam sambel ijo.

Air jeruk nipis digunakan untuk melumuri bagian potongan ayam. Tambahkan juga garam. Campuran ini dibiarkan sekitar 20 menit agar air jeruk nipis meresap dan membuang bau amis ayam.

Berikutnya ayam digoreng hinga berwarna kekuningan. Bisalah ya menggoreng ayam sampai matang, tapi jangan terlalu kering/matang banget.

Tinggalkan ayam di atas, kita akan masuk pada proses penumisan. Bumbu halus ditumis dan ditambahkan daun jeruk dan serai agar bau lebih wangi. Biar tetangga pada ngiri.

Jika sudah wangi, jemput kembali ayam yang ditinggalkan. Ayam disatukan denagn bumbu tumisan tadi. Aduk hingga mereka benar benar menyatu dalam rasa. Jika sudah, hidangkan dan jangan lupa untuk menikmati.( ditulis oleh Biai).

Agiah Komen Gai La Sanak

Nama

Adaik,35,bahasa minang,6,Budaya,70,Carito,14,Dibao Galak,8,istilah,14,Pantun,12,Papatah,8,Resep Minang,8,Sajarah,28,Tokoh,9,Warisan,24,
ltr
item
Minangkabau: Resep dan Cara Membuat Ayam Balado Ijo
Resep dan Cara Membuat Ayam Balado Ijo
https://3.bp.blogspot.com/-mjweSC1Wwrc/WExFcwnfp9I/AAAAAAAABEk/sQJAVsWTx6AX_Rg4izP_S-YJL7ht3_EWACLcB/s400/di%2BMinangkabau.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-mjweSC1Wwrc/WExFcwnfp9I/AAAAAAAABEk/sQJAVsWTx6AX_Rg4izP_S-YJL7ht3_EWACLcB/s72-c/di%2BMinangkabau.jpg
Minangkabau
http://www.anakminang.com/2016/12/resep-dan-cara-membuat-ayam-balado-ijo.html
http://www.anakminang.com/
http://www.anakminang.com/
http://www.anakminang.com/2016/12/resep-dan-cara-membuat-ayam-balado-ijo.html
true
2180777074329911998
UTF-8
Sadang Proses Indak Basuo Caliak Sadono Baco Langkok Baleh Indak Jadi Baleh Apuih Oleh Laman Utamo Laman Artikel Caliak Sadonyo Iko Lasuah Lo Tantang Kumpulano SEARCH Kasadono Ndak Basuo nan Sanan Mintak Baliak Ka Hal Utamo Akaik Sinayan Salasa Rabaa Kamih Jumaik Satu Akaik Sinayan Salasa Rabaa Kamih Jumaik Satu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Aguih September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Dec Sabanta Ko 1 minik nan lalu $$1$$ minik lalu 1 nan lalu $$1$$ jam nan lalu Karik Parang $$1$$ patang $$1$$ minggu patang labiah 5 minggu Followers Follow Iko Bamanpaik Bana Bagian dulu baru tabukak gembok no mah Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy