Resep Sambel Ijo Rumah Makan Padang (sambalado ijau)

Dirumah makan Padang ditemui ciri khas tersendiri untuk jenis sambel. Sambalado ijau (sambel cabe ijo), dengan rasa yang tak kalah pedas tet...

Dirumah makan Padang ditemui ciri khas tersendiri untuk jenis sambel. Sambalado ijau (sambel cabe ijo), dengan rasa yang tak kalah pedas tetapi selalu dirindukan oleh siapa saja. Biasanya sambel ini diberi gratis tanpa harus menambah tagihan anda.

Berbagai cara penyajian sambel ijo tersedia dirumah makan Padang. Sebagian ada yang dicampur dengan hati ayam yang digoreng. Sebagian lagi ada yang mencampur dengan petai/pete. Kemudian ditambah irisan kasar bawang. Apapun jenis penyajiannya yang pasti ‘lamak bana’.
resep sambel ijo rumah makan padang
Sambel Ijo bin Sambalado Kalau di awak
Bagi pembaca yang berada di rumah, juga bisa membuat sambalado ijau alias sambel ijo. Dijamin sekali-kali dibuat di rumah, daripada harus beli terus. Lumayan untuk berhemat, maklum calon haji. Cara pembuatannya terbilang cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama kok. Ayo dimulai membuat sambel ijo ala rumah makan padang.

Bahan untuk membuat sambel ijo yang harus dipersiapkan:
  1. Cabe hijau besar yang telah dibuang tangkainya 250 gr
  2. Cabe rawit (pilihan kalau mau rasa ekstra pedas) sebanyak 50 gr
  3. Bawang merah 4 siung
  4. Minyak goreng 3 sendok teh, digunakan nanti untuk mengoreng
  5. Bawang putih 2 siung
  6. Tomat hijau 1
  7. Air perasan jeruk nipis (asam) ½ sdt
  8. Gula dan garam secukupnya
Sekarang jika bahan telah tersedia. Kita akan masuk pada cara membuat sambel lado ijo.
Cabe hijau dipotong kasar. Begitu juga cabe rawit. Sekali lagi penambahan cabe rawit hanya opsional jika ingin hasil yang lebih pedas.

Potongan kasar cabe hijau dan cabe rawit dikukus. Sertakan juga bawang putih, bawang merah dan tomat. Biasanya akan lebih nikmat jika ditaruh di atas nasi setelah mendidih dan menunggu kering, jika memasak dengan tungku. Sementara jika memasak dengan rice cooker juga bisa menaruhnya di atas pan kukusan rice-cooker ketika nasi setelah mendidih.

Setelah dikukus bahan-bahan tersebut akan layu. Kemudian semua bahan digiling (diuleg) sampai semua benar benar teraduk.

Selanjutnya persiapkan minyak goreng. Kemudian tumis bahan-bahan yang telah digiling (diuleg) hingga wangi.

Bagian akhirnya bisa ditambahkan sedikit gula, garam dan air jeruk. Aduk rata sambil dimasak hingga matangnya sempurna. Sekarang sambel ijo ala rumah makan padang siap di sajikan.

Bagaimana? Cukup mudah bukan untuk membuat sambel ijo. Untuk wanita minang, harus bisa bikin ini, jika nanti sang suami ‘patah salero’ bisa memancing nafsu makan juga nih.(tukang tulih resep : Biai)

Agiah Komen Gai La Sanak

   


Nama

Adaik,35,bahasa minang,6,Budaya,72,Carito,14,Dibao Galak,8,istilah,14,Pantun,12,Papatah,9,Resep Minang,9,Sajarah,31,Tokoh,10,Warisan,27,
ltr
item
Minangkabau: Resep Sambel Ijo Rumah Makan Padang (sambalado ijau)
Resep Sambel Ijo Rumah Makan Padang (sambalado ijau)
https://4.bp.blogspot.com/-PF9H2zrNQCg/WEww8Zkc44I/AAAAAAAABD0/4V1PYjw-QpEZO3jPAGRkaeCFMfvOw5TeACLcB/s320/di%2BMinangkabau.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-PF9H2zrNQCg/WEww8Zkc44I/AAAAAAAABD0/4V1PYjw-QpEZO3jPAGRkaeCFMfvOw5TeACLcB/s72-c/di%2BMinangkabau.jpg
Minangkabau
http://www.anakminang.com/2016/12/resep-sambel-ijo-rumah-makan-padang.html
http://www.anakminang.com/
http://www.anakminang.com/
http://www.anakminang.com/2016/12/resep-sambel-ijo-rumah-makan-padang.html
true
2180777074329911998
UTF-8
Sadang Proses Indak Basuo Caliak Sadono Baco Langkok Baleh Indak Jadi Baleh Apuih Oleh Laman Utamo Laman Artikel Caliak Sadonyo Iko Lasuah Lo Tantang Kumpulano SEARCH Kasadono Ndak Basuo nan Sanan Mintak Baliak Ka Hal Utamo Akaik Sinayan Salasa Rabaa Kamih Jumaik Satu Akaik Sinayan Salasa Rabaa Kamih Jumaik Satu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Aguih September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Dec Sabanta Ko 1 minik nan lalu $$1$$ minik lalu 1 nan lalu $$1$$ jam nan lalu Karik Parang $$1$$ patang $$1$$ minggu patang labiah 5 minggu Followers Follow Iko Bamanpaik Bana Bagian dulu baru tabukak gembok no mah Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy