Sebelum Merantau, Harus Tahu Ini Dulu

Di Minangkabau ada pepatah yang menganjurkan untuk pergi merantau. Tujuannya untuk menambah wawasan, pengalaman dan ilmu. " Sayang di a...

Di Minangkabau ada pepatah yang menganjurkan untuk pergi merantau. Tujuannya untuk menambah wawasan, pengalaman dan ilmu. " Sayang di anak dilacuik i, sayang di kuini di makan, sayang di kampung ditinggakan, sayang di bini di poligami" Eh kalimat terakhir itu bukan bagian pepatah ya, terlongsong.  Bisa dilihat ajaran tersebut, meninggalkan kampung bukan berarti tak cinta kampung halaman. Justru karena cinta ditinggalkan. Alasannya agar bisa menjadi orang berpengatuan luas dan membangun kampung kita. Membangkit batang terendam, begitu kata orang orang.


Selain itu juga dikuatkan oleh pantun yang berbunyi.
Karatau madang dihulu
babuah babungo balun
marantau bujang daulu
dirumah baguno balun
Tidak diragukan lagi, tradisi merantau ini masih sangat kuat di Minangkabau. Nah untuk anak muda minangkabau yang ingin pula mencoba merantau itu. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan benar. Tips pergi merantau, begitulah kira-kira. Ini dia-nya tips kalau pergi merantau.

1) Cari Induak Samang Dulu, Jan Induak Bareh

Maksudnya tahukan. Pekerjaan alias juragan alias induk semang dicari dahulu. Jangan induk beras di cari. Mentang mentang sekali lihat si nyai, di tanah jawa. Berkejar itu dulu. Kabur gambar di kamu ini mah.

Kalau dapatlah ya sejauh jauh merantau, janganlah lepas pula kijang ke rimba. Bergelar sutan betawi. Bertukar tempe dengan rendang, kalio dijual semur dibeli. Pulang jugalah ke gadis Minang. Anak bersuku, makan enak. Ya tapi kalau jodoh juga kamu dengan si nyai itu bagaimana pula kata kita lagi kan. Tapi yang pasti sukseskanlah dulu, punya pekerjaanlah dulu. Baru nanti dicari induk beras itu. Tapi baca juga Ini : Kelebihan Gadis Minang dalam Pergaulan.

2) Gunakanlah Bahasa Indonesia ditempat Yang Benar

Bukan maksud melarang menggunakan bahasa Indonesia. Tapi bagaimanalah mengatakannya. Bertemu dengan orang Minang di rantau, pakai bahasa Indonesia pula. Merantau di tanah Abang, kan banyak orang kita di situ itu, pakai bahasa Minang sajalah. Selain melestarikan bahasa Minang, kadang benci orang Minang lain mendengarnya. Bahasa Indonesia apalagi masih patah patah begitu.

Kadang kalau sesama orang kita itu pakai bahasa Indonesia, diketawakan sama orang Minang lain. Belum lagi, kalau orang yang kita ajak bicara,nanti diceritakan sama teman-temannya. 'aden basuo jo urang awak di Pasa tadi, sok sok pakai bahasa Indonesia lo paja tu, lera'.

Tapi untuk bersosialisasi dengan orang bukan Minang ya tak apalah pakai bahasa Indonesia. Dalam memakai bahasa Indonesia, ada beberapa hal yang harus diperhatikan biar ndak bertanda benar kalau kamu itu orang Minang.
  1. Membaca huruf e. Ada dua jenis huruf e, e tipis dan e tebal. Nah biasanya kalau orang kita itu bisanya baca e tebal saja. Belajar lah itu baca e tipis seperti kata " benda" ; "ganteng" dll.
  2. Beberapa istilah kosa-kata. Beberapa kosa kata kadang harus kamu tahu. Misalkan : Sepeda Motor , sebutlah motor. Jangan menyebut kereta atau onda. Bensin, sebutlah bensin, jangan sebut minyak lagi. Atau benen, di tempat lain namanya itu ban dalam. Nanti misalkan kamu berbicara dengan orang rantau, " Kereta saya benennya kena paku, terus minyaknya habis pula, saya dorong ke Pertamina(dirantau namanya POM Bensin)". Berkerut kening orang yang bukan Minang mendengarnya itu. Ini pengalaman pribadi ini. 
  3. Logat, nah kalau ini tak ikut ikut saya. Agak susah memang mengubah logat kita itu.

3) Telepon Jugalah Orang di Kampung

Ini serius penting benar. Kalau masih ada orang tua dikampung. Kasih kabar jugalah barang sekali dua kali sebulan paling tidak. Biar tak cemas pula di kampung orang tua itu. Ingatlah doa mande itu penting. Walau belum bisa berkirim uang, tapi kamu menelepon saja pasti sudah senang hatinya.

Ada kisah nyata. Waktu kemaren ini saya bertemu dengan orang di Bandara Ketaping. Dia bercerita " agiah agiah kaba juo urang gaek tu dikampuang, indak paralu di gaek tu pitih gae do. Mandanga anaknyo elok elok se lah tanang juo ati gaek tu. Uni dulu, mulai marantau yo ndak sempat bakaba kaba ka gaek doh. Tigo tahun uni mangaleh, habih se pokok nan ado. Maranuang uni, mulai uni acok bakomunikasi jo urang gaek. Baru barakaik pancarian uni. Alhamdulillah lah, walau alun gadang tapi lai ndak mangontrak rumah uni lai."

4) Jangan Main Wanita untuk yang Laki Laki

Di rantau oranglah namanya. Apalagi di kota besar seperti Jakarta, Bandung begitu. Kan hidup orang bebas. Janganlah bermain wanita. Pikirkan fokus dan tujuan merantau. Ingat ya main wanita jangan, tapi main dengan wanita tak dilarang kok.

5) Jangan Merantau Cina

Merantau habis. Punya niat tak pulang pulang lagi. Janganlah seperti ini. Camkanlah merantau ini untuk merubah nasib. Seperti kata kata pepatah " tapian mandi dikana juo".

Kemudian kalau pulang jangan jadi orang sombong. Misalkan pulang saat hari raya, hidup masih sederhana di rantau. Dipaksakan pakai mobil pribadi pulang. Di rantau sudah sesak nafas mencicil mobil. Tetaplah jadi orang bersahaja. Apa adanya. Satu lagi lepas pulang di rantau tu janganlah sok berbahasa Indonesia pula dikampung kita. Apalagi sok sok pakai kacamata reben.

6) Kalau ada Organisasi Perantau Ikutlah

Kalau ada organisasi perantau. Misalnya ikatan keluarga besar perantau nagari.. Ikutlah dalam acara acara begitu. Siapa tahu ada pintu rezeki disana. Ada orang kita yang belum kenal ternyata sudah sukses,  kan bisa pula dibantu bantu nanti.

Jangan malu ikut acara seperti itu kalau masih belum punya apa-apa. Mungkin belum garis tangan kita yang punya lebih kan? Di lain sisi, bagi yang sudah sukses jangan jadikan pula acara-acara begini sebagai ajang pamer-pameran. Walaupun bukan semua, tapi ada yang begini, acara berlomba-lomba pamer kaya kadang di sini.

7) Sebelum Merantau, Pahitkan Lidah, Pekatkan Darah

Maksudnya pahitkan lidah, ya kalau baru baru merantau dengan modal tak seberapa. Jangan tinggi selera pula di rantau orang. Kalau tidak sama rendang tidak mau makan. Yang tinggi selera ini agak susah nanti, ndak usahlah pergi merantau. Pergi berlibur sajalah ke negeri orang.

Mungkin nanti ditemui harus makan sederhana di warteg jawa. Makanya pahitkan lidah biar enak saja makan yang manis manis sementara. Tapi tenang sajalah di sini juga ada cabe. Oiya kalau mau minta cabe di warteg jawa ini,jangan minta 'lada' nanti dikasi merica. terus jangan pula minta 'cabe' - nanti dikasih cabe bulat. Mintalah 'sambel', nah itu satu lagi kosa kata yang harus kamu tahu.

Pekatkan darah ini ya sabarlah dulu. Tak mungkin merantau ini kita langsung dapat senang saja. Berusaha yang keras, jangan manja. Tekadkan benar di hati, kalau kamu harus bisa bertahan dan sukses. Jangan jadi anak mama, seminggu sudah mau pulang saja. Jadilah anak mandeh nan kareh. Kalau ada yang mau menambahkan pesan pesan untuk sanak kita yang mau merantau tuliskanlah di komentar ya. (dikumpuan dari nasehaik urang nan pernah pai rantau)

Agiah Komen Gai La Sanak

   


Nama

Adaik,35,bahasa minang,6,Budaya,72,Carito,14,Dibao Galak,8,istilah,14,Pantun,12,Papatah,9,Resep Minang,9,Sajarah,31,Tokoh,10,Warisan,27,
ltr
item
Minangkabau: Sebelum Merantau, Harus Tahu Ini Dulu
Sebelum Merantau, Harus Tahu Ini Dulu
https://4.bp.blogspot.com/-f4WNcLSvTNg/WApNAqCw8dI/AAAAAAAAA2c/8euNJyucCQ4pMiXo2hi60Axr1QnlRrA1QCPcB/s1600/adat%2Bminangkabau.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-f4WNcLSvTNg/WApNAqCw8dI/AAAAAAAAA2c/8euNJyucCQ4pMiXo2hi60Axr1QnlRrA1QCPcB/s72-c/adat%2Bminangkabau.jpg
Minangkabau
http://www.anakminang.com/2016/12/tips-pergi-merantau.html
http://www.anakminang.com/
http://www.anakminang.com/
http://www.anakminang.com/2016/12/tips-pergi-merantau.html
true
2180777074329911998
UTF-8
Sadang Proses Indak Basuo Caliak Sadono Baco Langkok Baleh Indak Jadi Baleh Apuih Oleh Laman Utamo Laman Artikel Caliak Sadonyo Iko Lasuah Lo Tantang Kumpulano SEARCH Kasadono Ndak Basuo nan Sanan Mintak Baliak Ka Hal Utamo Akaik Sinayan Salasa Rabaa Kamih Jumaik Satu Akaik Sinayan Salasa Rabaa Kamih Jumaik Satu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Aguih September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Dec Sabanta Ko 1 minik nan lalu $$1$$ minik lalu 1 nan lalu $$1$$ jam nan lalu Karik Parang $$1$$ patang $$1$$ minggu patang labiah 5 minggu Followers Follow Iko Bamanpaik Bana Bagian dulu baru tabukak gembok no mah Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy