Sosok Fenomenal Ungku Saliah dan Keistimewaannya

Kalau sanak saya sedang makan di rumah makan Padang. Acaplah mungkin bertemu dengan foto orang tua di rumah makan Padang seperti foto di ...

Ungku Saliah, di rumah makan padang
Kalau sanak saya sedang makan di rumah makan Padang. Acaplah mungkin bertemu dengan foto orang tua di rumah makan Padang seperti foto di atas. Ya, itu namanya Ungku Saliah/ ada juga yang menyebutnya Angku Saliah. Siapakah Ungku Saliah ini? Jika kamu teliti, pasti akan bertanya tanyalah dalam hati seperti itu. Hampir sama pula seperti Presiden, foto dia dipajang sering kita lihat.

Adalah Ungku Saliah, terkenal ini dengan seorang yang saleh. Sebagian masyarakat Minangkabau, menghargai beliau. Ungku Saliah, Ungku itu adalah diambil dari kata Tuangku. Artinya adalah orang yang telah sampai kaji agamanya dan telah bisa mengajarkannya di masyarakat. Kalau kerennya mungkin seperti Kiai begitulah. Ujung akhirnya, Saliah. Itu tadi artinya Saleh, orang taat dalam beragama.

Darimana Ungku Saliah Berasal?

Dari riwayatnya Ungku Saliah ini berasal dari Sungai Sariak-Lubuak Bareh Kec VII Koto, Kab Padang Pariaman. Di tanah itulah beliau belajar dan tumbuh besar. Tersebut juga riwayatnya dia pernah belajar ke Koto Tuo dan Bintungan Tinggi.

Dari sumber sumber yang saya himpun. Ungku Saliah lahir tahun 1887. Belum ada deskripsi tepat mengenai bulang dan tanggal lahir beliau. Orang tuanya bernama Tulih (Bapak) dan Tuneh ( Mandeh/Ibu). Secara adat, Ungku Saliah ini bagian dari keluarga besar Sikumbang.

Nama Asli Ungku Saliah adalah Dawat ( dibaca dawaik).” Mungkin karena bapaknya Tulih makanya anaknya Dawaik. Jadi Tulih itupasti pakai dawaik. “Yang ini tidak benar, sekedar perkiraan bodoh saya aja ini.

Dimana Ungku Saliah belajar Ilmu Agama? Dari penuturan beberapa riwayat, Ungku Saliah ini pernah belajar pada Muhammad Yatim Tuangku Mudiak Padang di Ampalu Tinggi (Surau Kalampaian). Di sinilah nama Ungku Saliah melekat pada beliau.

Ungku Saliah juga pernah belajar pada Syekh Aluma Nan Tuo. Yang berlokasi di Koto Tuo, Bukiktinggi. Melanjutkan pendidikan beliau belajar dengan Syekh Abdurrahman di Bintuangan Tinggi.

Keistimewaan Ungku Saliah

Menurut cerita, konon pernah Ungku Saliah memasak beras jadi nasi tanpa api. Bukan pakai rice cooker, karena pada jaman itu belum ada rice cooker.

Beberapa cerita dari masyarakat juga menyebutkan Ungku Saliah, bisa berpindah tempat dalam waktu singkat. Ilmu Teleportasi kata orang orang. Berikutnya keistimewaan Ungku Saliah adalah dengan kemampuan ‘ meramal’ dan doanya sangat makbul.

Bahkan Ungku Saliah juga dikenali sebagai seorang ‘dokter’. Maksudnya bukan dokter di rumah sakit, tapi bisa menyembuhkan orang yang sakit.

Ungku Saliah juga tersebut sebagai orang yang aktif melawan pendudukan Belanda. Pada masa itu , Ungku Saliah memiliki kemampuan untuk memecah raga. Ungku Saliah bisa berada di beberapa tempat berbeda dalam waktu yang sama. Ada juga cerita konon, ketika air bah datang, Ungku Saliah bisa mengalihkannya dengan melempar Kerikil saja.

Wafat Ungku Saliah

Ungku Saliah wafat di tanggal 3 Agustus Tahun 1974, dikampung halaman beliau Sungai Sariak. Setelah wafatnya beliau, tak lantas membuat kharismanya pudar. Banyak orang yang memasang foto beliau di rumah makan, toko. Ada yang menganggap sebagai ‘penghimbau orang’ dan ada juga yang sekadar kagum akan beliau. Rata-rata yang memajang foto beliau ini pasti orang Pariaman. Namun juga ada yang non-Pariaman dimana mungkin pernah belajar dengan murid murid Ungku Saliah Ini.

Agiah Komen Gai La Sanak

Nama

Adaik,35,bahasa minang,6,Budaya,70,Carito,14,Dibao Galak,8,istilah,14,Pantun,12,Papatah,8,Resep Minang,8,Sajarah,28,Tokoh,9,Warisan,24,
ltr
item
Minangkabau: Sosok Fenomenal Ungku Saliah dan Keistimewaannya
Sosok Fenomenal Ungku Saliah dan Keistimewaannya
https://4.bp.blogspot.com/-cz3rUSczG7s/WPTs9Vn1O7I/AAAAAAAAFfA/g1FhcgwOTV4slzWbDw50rbVJwtWjIsoIwCLcB/s400/tempat%2Bmakan%252C%2Bhotel%2Bmurah.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-cz3rUSczG7s/WPTs9Vn1O7I/AAAAAAAAFfA/g1FhcgwOTV4slzWbDw50rbVJwtWjIsoIwCLcB/s72-c/tempat%2Bmakan%252C%2Bhotel%2Bmurah.jpg
Minangkabau
http://www.anakminang.com/2017/04/sosok-fenomenal-ungku-saliah-dan.html
http://www.anakminang.com/
http://www.anakminang.com/
http://www.anakminang.com/2017/04/sosok-fenomenal-ungku-saliah-dan.html
true
2180777074329911998
UTF-8
Sadang Proses Indak Basuo Caliak Sadono Baco Langkok Baleh Indak Jadi Baleh Apuih Oleh Laman Utamo Laman Artikel Caliak Sadonyo Iko Lasuah Lo Tantang Kumpulano SEARCH Kasadono Ndak Basuo nan Sanan Mintak Baliak Ka Hal Utamo Akaik Sinayan Salasa Rabaa Kamih Jumaik Satu Akaik Sinayan Salasa Rabaa Kamih Jumaik Satu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Aguih September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Dec Sabanta Ko 1 minik nan lalu $$1$$ minik lalu 1 nan lalu $$1$$ jam nan lalu Karik Parang $$1$$ patang $$1$$ minggu patang labiah 5 minggu Followers Follow Iko Bamanpaik Bana Bagian dulu baru tabukak gembok no mah Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy