10 'Paisok' Legend yang Pernah Mewarnai Ranah Minang

Sekedar kedar mengingatkan di masa masa lalu ini. Atau memberi tahu bagi yang muda mentah. Sesuai judulnya ya kita lihat pula 6 r0k0k Legend...

Sekedar kedar mengingatkan di masa masa lalu ini. Atau memberi tahu bagi yang muda mentah. Sesuai judulnya ya kita lihat pula 6 r0k0k Legendaris yang pernah mewarnai Minangkabau. Meskipun ya warna asapnya sama sama putih begitu. Tapi ya, itulah sesuatu itu terasa indah bila dikenang, kecuali paja tu.

Tanpa memperpanjang mukadimah, ini beberapa r0k0k legend tersebut (*diluar r0k0k daun nipah yang digulung manual yes). Ya kalau sekarang agak susah susah sarik kita mencari ini r0k0k.

1) Commodore. Ciri khasnya punya kotak warna hijau dan putih pada bagian atasnya. Sekitar tahun 1995-an kalau ndak salah masih mudah ditemukan.Tapi, sekarang – aduh mami susah sekali menemukannya. Kalau lupa lupa ingat, bisa lihat ini gambar kotak nya.
kreasi dari kotak rokok
Kotak Paisok Commodore
2) Kaiser. Kaiser, dulu ini biasanya kegemaran yang sudah agak tua. Dengan logo seorang raja, dan warna bungkus yang oren bergaris. Pernah jaya dan berserakan bungkus r0k0k ini dulu. Tapi sekarang, jangankan mencari r0k0knya, mencari bungkusnya saja entahlah betapa susahnya.
kreasi dari kotak rokok
Kaiser
3) Panama. Seperti nama Negara. Tapi dulu ini pernah menjadi merk r0k0k ternama. Ada dua jenis kalau ndak salah ini. Ada Panama Putih dan ada Panama Kuning.
kreasi dari kotak rokok
Panama Kuning dan Panama Putih
4) Lintang 6. Samsu Kw kata orang. Bagaimana tidak, dari jauh sekilas seperti samsu dengan karakteristik berpita kuning di bagian pangkalnya. Maklum sajalah, kadang r0k0k ini menjadi barang untuk menaikkan gengsi pula antar sesama laki-laki. Dibentang r0k0k mahal depan teman-teman, ha pasti naik pamor kita itu. Mungkin sekarang sudah susah juga mencari ini r0k0k di kedai-kedai. Ini gambarnya bungkusnya.
kreasi dari kotak rokok
Lintang Anam
5) Gudang Garam Merah. Ini biasanya r0k0k keras kata orang ini. Hampir sama dengan Lintang 6 modelnya. Tapi kalau lintang 6 ada gambar pita kuning, Gudang garam merah punya gambar pita warna merah. Kalau menghisap ini, ditepi jalan, pakai baju kemeja yang dimasukkan ke celana levis, tambah pula sepatu kulit. Allahurabbi benar gayanya ini. Kalau yang belum tahu, ini gambar bungkus gudang garam merah itu.
kreasi dari kotak rokok
Gudang Garam Merah
6) Marcopolo. Kalau ini dulu pernah ada yang menjual. Sekarang masih juga kabar-kabarnya. Tapi sudah dalam kemasan yang lebih baru. Mungkin, ndak sanggup dia bayar biaya ekspor ke Minang lagi.
kreasi dari kotak rokok
Marcopolo
7) Jarum. Memang ini belum punah. Kalau di Jawa atau Jakarta masih ada ini r0k0k yang berbau agak gimana gitu. R0k0k ini masih sejaman dengan Surya (keluaran gudang garam juga). Di pangkalnya ada busa berwarna coklat. Kenapa bisa dibilang legend juga ini r0k0k, pertama agak susah juga mencari kalau di kedai kedai kampung sekarang ini. Kedua, pasti tahulah, kotak r0k0k ini mungkin karena laku benar dulu dan tentunya kotaknya banyak kan. Sering dibikin jadi hiasan berbentuk rumah gadang kotaknya ini.
Rumah Gadang dari recycle  Kotak Rokok
Rumah Gadang dari Kotak r)kok. Gambar dari Satriasaputra.blogspot.com
8) Crystal. Isinya dalam satu bungkus 16 batang. Warna kotaknya sangat elegan, biru pekat. Kotaknya juga lumayan besar dan sering dibuat untuk jadi prakaria di sekolah.
Kotak R0k0k Crystal alias Kribo sok Metal di Kami dulu
9) Kansas. Seperti nama negara bagian Amerika. Tapi itulah sebuah brand ternama kala itu. Isinya kalau ndak salah 20 batang sebungkus. Konon si legenda ini sudah sering bertransformasi kotaknya.

10) Ardath. Hampir sebelas dengan dua belas dengan Kansas. Bisa dibilang beradek kakak dengan Marlboro model model nya ini. Uniknya, di masa anak anak Ardath ini jadi singkatan dari kami yang baru baru mau besar. Aku Rela Di... Asal Tidak Ha... hahahaha Coba perhatikan seri-seri kotak Kansas dan Ardath di bawah ini.
Gambar dari: pembakardupakeramik.blogspot.com
Masih banyak sebenarnya beberapa r0k0k yang legend benar di Ranah Minang ini. Kalau tidak salah ada Golden Wall (di 2000 masih sempat ada kalau tak salah), terus ada pula merk-nya Kacang atau ada yang berkotak Hijau dengan merk Pusaka. Teringat dulu waktu SD di tahun tahun 95 merk merk r0k0k tersebut. Atau, ada dari kawan yang mau menambahkan di kolom komentar kita?

Agiah Komen Gai La Sanak

Gugel: 1
Loading...


Nama

Adaik,35,bahasa minang,6,Budaya,72,Carito,14,Dibao Galak,8,istilah,14,Pantun,12,Papatah,9,Resep Minang,9,Sajarah,31,Tokoh,10,Warisan,27,
ltr
item
Minangkabau: 10 'Paisok' Legend yang Pernah Mewarnai Ranah Minang
10 'Paisok' Legend yang Pernah Mewarnai Ranah Minang
https://4.bp.blogspot.com/-qWf8g1jj0Bo/WZ3_8kHFJLI/AAAAAAAAHO0/k24TZagq1u0JikW21vEMyyha1d8bNxpvACLcBGAs/s1600/vape%2Bvideo.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-qWf8g1jj0Bo/WZ3_8kHFJLI/AAAAAAAAHO0/k24TZagq1u0JikW21vEMyyha1d8bNxpvACLcBGAs/s72-c/vape%2Bvideo.jpg
Minangkabau
http://www.anakminang.com/2017/08/7-rokok-rokok-pada-masa-lalu.html
http://www.anakminang.com/
http://www.anakminang.com/
http://www.anakminang.com/2017/08/7-rokok-rokok-pada-masa-lalu.html
true
2180777074329911998
UTF-8
Sadang Proses Indak Basuo Caliak Sadono Baco Langkok Baleh Indak Jadi Baleh Apuih Oleh Laman Utamo Laman Artikel Caliak Sadonyo Iko Lasuah Lo Tantang Kumpulano SEARCH Kasadono Ndak Basuo nan Sanan Mintak Baliak Ka Hal Utamo Akaik Sinayan Salasa Rabaa Kamih Jumaik Satu Akaik Sinayan Salasa Rabaa Kamih Jumaik Satu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Aguih September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Dec Sabanta Ko 1 minik nan lalu $$1$$ minik lalu 1 nan lalu $$1$$ jam nan lalu Karik Parang $$1$$ patang $$1$$ minggu patang labiah 5 minggu Followers Follow Iko Bamanpaik Bana Bagian dulu baru tabukak gembok no mah Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy