Biodata dan Profil Nedi Gampo, Penyanyi Lawak Minang era 90-an

Jaman bertukar musim berganti. Mungkin sekarang banyak yang lebih mengenal uda Buset sebagai salah satu penyanyi kocak nan lawak dari Mina...

Jaman bertukar musim berganti. Mungkin sekarang banyak yang lebih mengenal uda Buset sebagai salah satu penyanyi kocak nan lawak dari Minangkabau. Tapi, sebelum ini juga pernah sangat berjaya di era 90-an nama Nedi Gampo.

Nedi Gampo dikenal sebagai penyanyi dengan sentuhan lirik yang mengocok perut. Dengan ciri khas Ratok Garah, lelaki bertubuh agak ke(me)kar ini tiada duanya dijaman jaman tersebut. Adapun jaman yang dimaksud ketika pemutar musik yang paling keren itu tape dengan kaset berpita hitam. Kalau pun ada CD atau VCD, mungkin hanya dimiliki beberapa orang saja.

Meskipun dengan penyampaian yang lawak, tetapi beberapa pesan dan pembelajaran banyak sekali yang bisa kita petik dari lagu lagu Nedi Gampo ini. Kalangan 90-an, tentu masih ingat dengan beberapa potongan lirik lagu Nedi Gampo di bawah ini.

Pisau Silet Sabana Tajam, Muko Balakang nan nyo tikam (Pisau Silet). Lagu yang memberikan sindiran jangan bersifat seperti pisau silet. Tajam ke depan, tajam ke belakang.

Uwia Uwia Maminta Gatah… Nan karambia mamanjek Baruak ( Uwia Uwia Mintak Gatah). Menggambarkan kondisi jaman dimana perilaku seorang cewek yang sekarang sudah ‘emansipasi’. Berani tampil dan menjujai jujai orang yang dia sukai. Jauh sudah dari kepribadian wanita minang yang Calm dan ‘Berharga Mahal’.

Oi Jawinar, Jawi, Jawinar oiiii. Lagu Jawinar, mengisahkan kisah cinta dimana butuh modal besar dalam sebuah percintaan. Lebih tepatnya mungkin bisa dikatakan si cewek matre.

Kalau mati di makan Caciang, Sebuah lagu yang bisa dikatakan religi. Meningatkan kita pada kematian yang pasti akan datang.

Tak ketinggalan cerita tentang mahasiswa pada lagu Anak Kampus. Bercerita penderitaan menjadi anak kuliah, mulai dari jatuh cinta saat kuliah, hingga penyelesaian skripsi.

Oi aden manang BT yo bajuta juta, Den bali baruak gadang untuak ka kawan ba main koa. Keseluruhan lirik yang menyindir kalangan para pemasang nomor BT, toghel. Dan masih banyak lagu lagu yang dibawakan dengan lucu tetapi memberikan arti dan makna untuk berubah ke arah yang lebih baik seperti Ginyang Ginyang, Kiper Maju “Den Cilok pitih apak den dalam saku… Hei Hei Cinto Kacang Abuih (potongan lirik di belakang lagunya. Judulnya kalau tidak salah Cinto Kampus)”.

Siapakah Nedi Gampo ini, berikut profil dan biodata Nedi Gampo, Penyanyi Minang era-90-an.
Nama Asli : Nedi Erman
Nama Panggung: Nedi Gampo
Tempat Tanggal Lahir: 23 April 1965
Alamat: Banuaran, Padang.

Album yang pernah ditelurkan oleh Nedi Gampo di antaranya,
1. Sagalo Gadang tahun 1993 Produksi Pitunang Record
2. Pisau Silet tahun 1995 Produksi Gita Virma Record
3. Aki Suak tahun 1996 Produksi Baramas
4. Jawinar tahun 1998 Produksi Gita Virma Record
5. Bangku Angek tahun 2000 Produksi Gita Virma Record
6. Uwia-uwia Mintah Gatah tahun 2001 Produksi Gita Virma Record
7. Diamakan Caciang tahun 2005 Produksi Gita Virma Record
8. Angguak-angguak Geleng tahun 2007 Produksi Gita Virma Record
9. Barangkek Kosong tahun 2008 Produksi Balada Record


Itulah beberapa informasi tentang profil dan biodata Nedi Gampo. Jika ada yang memiliki informasi lebih, bisa ditambahkan pada kolom komentar, mengingat tokoh seniman Minangkabau ini pernah menghibur ranah Minang, sudah selayaknya di apresiasi dan dikenang. (sumber informasi: https://www.last.fm/music/Nedi+Gampo)

Agiah Komen Gai La Sanak

Gugel: 1
Loading...
   


Nama

Adaik,35,bahasa minang,6,Budaya,72,Carito,14,Dibao Galak,8,istilah,14,Pantun,12,Papatah,9,Resep Minang,9,Sajarah,31,Tokoh,10,Warisan,27,
ltr
item
Minangkabau: Biodata dan Profil Nedi Gampo, Penyanyi Lawak Minang era 90-an
Biodata dan Profil Nedi Gampo, Penyanyi Lawak Minang era 90-an
https://2.bp.blogspot.com/-6F6CAzeDxmU/Wbl1FVqSgeI/AAAAAAAAHws/_rOmYny7DHQ3euA3R3CCnq1PxnuW2GWowCLcBGAs/s1600/how%2Bto%2Bdownload%2Btwitter%2Bvideo.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-6F6CAzeDxmU/Wbl1FVqSgeI/AAAAAAAAHws/_rOmYny7DHQ3euA3R3CCnq1PxnuW2GWowCLcBGAs/s72-c/how%2Bto%2Bdownload%2Btwitter%2Bvideo.jpg
Minangkabau
http://www.anakminang.com/2017/09/biografi-nedi-gampo-penyanyi-minang.html
http://www.anakminang.com/
http://www.anakminang.com/
http://www.anakminang.com/2017/09/biografi-nedi-gampo-penyanyi-minang.html
true
2180777074329911998
UTF-8
Sadang Proses Indak Basuo Caliak Sadono Baco Langkok Baleh Indak Jadi Baleh Apuih Oleh Laman Utamo Laman Artikel Caliak Sadonyo Iko Lasuah Lo Tantang Kumpulano SEARCH Kasadono Ndak Basuo nan Sanan Mintak Baliak Ka Hal Utamo Akaik Sinayan Salasa Rabaa Kamih Jumaik Satu Akaik Sinayan Salasa Rabaa Kamih Jumaik Satu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Aguih September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Dec Sabanta Ko 1 minik nan lalu $$1$$ minik lalu 1 nan lalu $$1$$ jam nan lalu Karik Parang $$1$$ patang $$1$$ minggu patang labiah 5 minggu Followers Follow Iko Bamanpaik Bana Bagian dulu baru tabukak gembok no mah Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy