Sutan Anwar, Pemain Indonesia di Piala Dunia 1938 dari Minangkabau

Sutan Anwar dilahirkan di Sumatera Barat pada tanggal 21 Maret 1914. Beliau adalah salah seorang pemain sepakbola yang pernah membawa Indo...


Sutan Anwar dilahirkan di Sumatera Barat pada tanggal 21 Maret 1914. Beliau adalah salah seorang pemain sepakbola yang pernah membawa Indonesia (waktu itu Hindia Belanda) di Piala Dunia 1938. Karir beliau dikenal sebagai pemain VIOS Batavia. Capaian ini tercatat oleh FIFA, Anda bisa lihat ketercatat-an Sutan Anwar ini di website FIFA di halaman: http://www.fifa.com/fifa-tournaments/players-coaches/people=45695/index.html

Perhelatan piala dunia yang digelar di Perancis tersebut pernah menjadi ajang unjuk gigi Indonesia di kancah sepakbola Internasional. Tercatat dalam sebuah koran Perancis L’Equipe, terbit 6 Juni 1938 bahwasanya:

Gaya menggiring bola pemain depan tim Hindia Belanda, sangat brilian, tapi pertahanannya amburadul karena tidak ada penjagaan ketat.

Meskipun harus menelan kekalahan 4-0 dan dengan hasil akhir 6-0 dari tim Hungaria (Saat itu tim Hungaria dikenal sebagai tim yang kuat, bahkan dua pemain Hungaria Gyorgy Sarosi, Gyula Zsengeller tercatat sebagai 3 besar pencetak gol terbanyak).

Sistem kompetisi piala Dunia saat itu menggunakan sistem gugur. Alhasil, kekalahan pertama tersebut mengagalkan tim Indonesia ke putaran berikutnya.

Tidak ditemukan catatan yang begitu jelas tentang jalannya pertandingan yang diadakan di Stadion Reims, 5 Juni 1938 Prancis ini. Demikian juga prosesi keberangkatan tim Indonesia. Sebagian versi cerita menyatakan bahwasanya tim ini adalah utusan NIVU (federasi sepakbila di bawah Hindia-Belanda) dan tanpa restunya PSSI yang nota-bene nya baru berusia 8 tahun.

Pada versi lain, dikatakan; kehadiran timnas Indonesia saat itu sebagai pengganti Jepang yang menolak untuk mengikuti piala Dunia saat itu.

Tercatat pula, bahwasanya sang Kapten tim Indonesia saat itu bernama Ahmad Nawir. Profesi beliau adalah seorang dokter. Beliau menggunakan kacamata ketika bertanding, ungkap wartawan Times yang meliput pertandingan tersebut.
Ahmad Nawir
Pertandingan ini diadakan pada pukul 17.00 Waktu setempat. Stadion Velodorme (sekarang stadion Auguste Delaune), kota Reims menjadi saksi partisipasi Indonesia di perhelatan Piala Dunia. Wasit asal Prancis; Rogen Conrie menjadi penengah lapangan. Carl Weingartner dan Charles Delasalle sebagai hakim garis. Pertandingan yang ditonton langsung sekitar 9000 pasang mata ini diikuti pemain Indonesia dengan seragam Kaos Orange-Celana Pendek Putih- Kaos Kaki biru Muda. Di sisi lain tim Hungaria, menggunakan kit serba putih.
Kostum Hindia-Belanda
Seorang pemain depan Hungaria, Sarosi menyebutkan bahwasanya ada beberapa pemain Hindia Belanda yang bermain bagus; Sutan Anwar, Hans Taihittu, Tjaak pattiwael, Suwarte Soedarmadji.

Perjalanan Timnas Indonesia ke Perancis dimulai tanggal 27 April 1938 dengan kapal laut dari Pelabuhan Tanjung Priok. Berikutnya berlabuh di Genoa (Italia), perjalanan ke Perancis dilanjutkan dengan kereta api. Kutipan dari Surat Kabar Java Bode.
Foto di Genoa
Berikut skuad lengkap pemain Indonesia di Piala Dunia 1938
  1. Kiper: Tan "Bing" Mo Heng (HCTNH Malang), Jack Samuels (Hercules Batavia)
  2. Belakang: Dorst, J. Harting Houdt Braaf Stand (HBS Soerabaja), Frans G. Hu Kon (Sparta Bandung), Teilherber (Djocoja Djogjakarta)
  3. Tengah: G.H.V.L. Faulhaber (Djocoja Djogjakarta), Frans Alfred Meeng (SVBB Batavia), Achmad Nawir (HBS Soerabaja), Anwar Sutan (VIOS Batavia), G. van den Burgh (SVV Semarang)
  4. Depan: Tan Hong Djien (Tiong Hoa Soerabaja), Tan See Han (HBS Soerabaja), Isaac "Tjaak" Pattiwael (VV Jong Ambon Tjimahi), Suvarte Soedarmadji (HBS Soerabaja), M.J. Hans Taihuttu Voetbal Vereniging (VV Jong Ambon Tjimahi), R. Telwe (HBS Soerabaja), Herman Zomers (Hercules Batavia)
  5. Pelatih: Johannes Mastenbroek (Belanda)
Selesai ditaklukkan Hungaria, timnas Indonesia sempat menjalani laga persahabatan dengan timnas Belanda tanggal 26 Juni 1938, di stadion Olimpiade, Amsterdam. Barulah tanggal 1 Juli mereka kembali ke Indonesia dengan menggunakan jalur laut.

Setelah itu, sebagian mereka tidak diketahui kelanjutan karirnya. Sempat dilaaporkan hanya kiper Mo Heng Tan yang bermain lagi tahun 1951 melawan klun Singapura 1951. Sementara itu, Frans Alfred Meeng, dilaporkan Java Post tenggelam dengan kapal Junyo Maru diperairan Sumatera setelah bentrok dengan kapal perang Inggris.

Sumber: 
http://www.bbc.com/indonesia/olahraga/2013/09/130927_tinjauan_olahraga_indonesia_pialadunia1938
Wikipedia.com

Agiah Komen Gai La Sanak

Nama

Adaik,35,bahasa minang,6,Budaya,70,Carito,14,Dibao Galak,8,istilah,14,Pantun,12,Papatah,8,Resep Minang,8,Sajarah,28,Tokoh,9,Warisan,24,
ltr
item
Minangkabau: Sutan Anwar, Pemain Indonesia di Piala Dunia 1938 dari Minangkabau
Sutan Anwar, Pemain Indonesia di Piala Dunia 1938 dari Minangkabau
https://4.bp.blogspot.com/-z7gT-pnWvOs/WjENrrAL1ZI/AAAAAAAAJJM/vhHaJFJwOF8G_EntAhsYh1_VZzLk5pHMwCLcBGAs/s400/minangkabau%2Btempo%2Bdulu.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-z7gT-pnWvOs/WjENrrAL1ZI/AAAAAAAAJJM/vhHaJFJwOF8G_EntAhsYh1_VZzLk5pHMwCLcBGAs/s72-c/minangkabau%2Btempo%2Bdulu.jpg
Minangkabau
http://www.anakminang.com/2017/12/sutan-anwar-pemain-indonesia-di-piala.html
http://www.anakminang.com/
http://www.anakminang.com/
http://www.anakminang.com/2017/12/sutan-anwar-pemain-indonesia-di-piala.html
true
2180777074329911998
UTF-8
Sadang Proses Indak Basuo Caliak Sadono Baco Langkok Baleh Indak Jadi Baleh Apuih Oleh Laman Utamo Laman Artikel Caliak Sadonyo Iko Lasuah Lo Tantang Kumpulano SEARCH Kasadono Ndak Basuo nan Sanan Mintak Baliak Ka Hal Utamo Akaik Sinayan Salasa Rabaa Kamih Jumaik Satu Akaik Sinayan Salasa Rabaa Kamih Jumaik Satu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Aguih September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Dec Sabanta Ko 1 minik nan lalu $$1$$ minik lalu 1 nan lalu $$1$$ jam nan lalu Karik Parang $$1$$ patang $$1$$ minggu patang labiah 5 minggu Followers Follow Iko Bamanpaik Bana Bagian dulu baru tabukak gembok no mah Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy