Biografi Maestro Penyanyi Minang nan Legendaris, Zalmon

" Bialah diak ujan tangah hari nak nyo tumbuah si rumpuik banto, bia lah diak denai surang diri, kok jo ambo mungkin sansaro " I...

biografi zalmon, penyanyi minang
" Bialah diak ujan tangah hari nak nyo tumbuah si rumpuik banto, bia lah diak denai surang diri, kok jo ambo mungkin sansaro" Itulah petikan pedih lagu Minang yang pernah didendangkan oleh Zalmon. Atau lagu paling fenomenal, Kasiak Tujuah Muaro. Sayang sekali sebagai orang Minang jika kita tak pernah meresapi makna lagu di atas.

Siapakah Zalmon?

Sebenarnya nama Zalmon adalah nama panggung saja. Memiliki Nama asli Syamsurizal. Menang ' si Zal' ada masuk sedikit ke dalam nama artinya itu. Tapi nantilah dijelaskan tentang asal usul kenapa penyanyi ini menggunakan nama Zalmon.

Dilahirkan dengan nama kecil Syamsurizal, tepatnya di Jakarta tanggal 15 September tahun 1954. Awal kepopulerannya adalah saat lagu Nan Tido Manahan Hati, seperti kutipan di awal tadi di akhir tahun 80-an. Pada dekade 1990 hiingga 2000 an, produktivitas penyanyi ini pantang kendor. Banyak lagu hits,seperti Ratok Padi Ampo, Di seso Bayang, Buruak Sisiak, Kasiak 7 Muaro, Sapayuang Bajauah Hati.

Puncak popularitas Zalmon ini bisa disejajarkan dengan legenda musisi Minang sekelas Tiar Ramon, Ernie Djohan dan Elly Kasim yang telah dahulu terkenal di era sebelumnya.

Sekilas tentang keluarga Zalmon, sang Legenda memiliki 5 anak dan seorang Istri yang bernama Nuraida.

Penyanyi dengan suara khas meratap parau ini menempati posisi khusus di hati fans. Seandai kata sedang putus cinta, dengarkanlah lagu lagu Zalmon. Meratap sampai pagi, berbasah selimut jadinya.

Syamsurizal? Kenapa jadi Zalmon?

Nama Zal diambil dari nama belakangnya. SyamsuriZAL. Sementara dari MON adalah diungkap Uncu Musfar (produser rekaman pertama Zalmon di Tanama Record) diambil dari Tiar Ramon yang juga penyanyi legendaris Minang. Karena kemiripan ciri khas dalam lagunya itu, maka di sisipi MON. " Zal yang mirip Ramon, Ya Zalmon". Untuk si Zal zal lainnya, karena kalian tak mirip Tiar Ramon, makanya tak jadi Zalmon Muehehehe.

Semasa hidupnya, lebih dari 120 album dikeluarkan Zalmon. Semua merk dapur rekaman, seperti Tanama Record, Pitunang Record, Planet Record, Sinar Padang, Gita Firma pernah 'mengambil' suara Zalmon ini. Beliau juga sempat memiliki rumah produksi Zalmon Record.

Dikalangan teman-temannya Zalmon dikenal baik sebagai seorang yang pandai bergaul. Selain itu banyak penyanyi lainnya yang terinspirasi dari Zalmon. Hal ini diakui oleh Nedi Gampo, yang juga tak kalah populer pada eranya dengan ratok garah.

Namun semua ada masanya. Manusia hidup dalam hitungan karunia usia. Bertepatan tanggal 25 Mei 2011 pukul 11.30 sang Legenda Menghembuskan nafas terakhir beliau di Rumah Sakit Yarsi (Ibnu Sina) Padang pada usia 57 tahun. Lah laruik hati kito nan tingga!





Bacokok cokok saketek dari:
http://hijrahlai.blogspot.co.id/
https://id.wikipedia.org/wiki/Zalmon

Agiah Komen Gai La Sanak

Nama

Adaik,35,bahasa minang,6,Budaya,70,Carito,14,Dibao Galak,8,istilah,14,Pantun,12,Papatah,8,Resep Minang,8,Sajarah,28,Tokoh,9,Warisan,24,
ltr
item
Minangkabau: Biografi Maestro Penyanyi Minang nan Legendaris, Zalmon
Biografi Maestro Penyanyi Minang nan Legendaris, Zalmon
https://3.bp.blogspot.com/-XPzxK8DLlTg/Wr-QqZqgUUI/AAAAAAAAK2Q/3D-_vJ82ChA7LgDCKJj7Wk3PlHyxtZdpACLcBGAs/s400/model%2Bbra%2Btanpa%2Btali.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-XPzxK8DLlTg/Wr-QqZqgUUI/AAAAAAAAK2Q/3D-_vJ82ChA7LgDCKJj7Wk3PlHyxtZdpACLcBGAs/s72-c/model%2Bbra%2Btanpa%2Btali.jpg
Minangkabau
http://www.anakminang.com/2018/03/biografi-maestro-penyanyi-minang-nan.html
http://www.anakminang.com/
http://www.anakminang.com/
http://www.anakminang.com/2018/03/biografi-maestro-penyanyi-minang-nan.html
true
2180777074329911998
UTF-8
Sadang Proses Indak Basuo Caliak Sadono Baco Langkok Baleh Indak Jadi Baleh Apuih Oleh Laman Utamo Laman Artikel Caliak Sadonyo Iko Lasuah Lo Tantang Kumpulano SEARCH Kasadono Ndak Basuo nan Sanan Mintak Baliak Ka Hal Utamo Akaik Sinayan Salasa Rabaa Kamih Jumaik Satu Akaik Sinayan Salasa Rabaa Kamih Jumaik Satu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Aguih September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Dec Sabanta Ko 1 minik nan lalu $$1$$ minik lalu 1 nan lalu $$1$$ jam nan lalu Karik Parang $$1$$ patang $$1$$ minggu patang labiah 5 minggu Followers Follow Iko Bamanpaik Bana Bagian dulu baru tabukak gembok no mah Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy