Mitos Mitos Kawin Sesuku di Minangkabau

Ketika cinta datang, insan menjadi buta, tuli. Begitu sekiranya para pemuja cinta berkata. Namun tak selamanya cinta tersebut bersatu. Poto...

Ketika cinta datang, insan menjadi buta, tuli. Begitu sekiranya para pemuja cinta berkata. Namun tak selamanya cinta tersebut bersatu. Potongan kalimat ke-dua ini yang sedikit memberi pelajaran penting. Ada banyak alasan menjadi cinta tak bisa bersama.

Salah satunya adalah ketika romansa antara muda-mudi Minangkabau dimana dalam garis keturunan mereka adalah satu suku (marga). Dikenal sistem suku di Minangkabau yang diwariskan secara matrilineal. Ada suku Koto, Piliang, Jambak, Chaniago, Guci dan masih banyak lainnya.
Dari larangan tersebut ada beberapa mitos yang menjadi ketakutan ketika kawin sesuku ini terjadi.

1. Salah secara Agama

Sejatinya kawin dengan yang memiliki suku yang sama tidak menyalahi Syarak. Memang kental adaik ba sandi syarak, syarak basandi kitabullah. Sementara syarak tidak pernah ada larangan kawin sesuku (kecuali yang muhrim/haram untuk dikawini seperti saudara kandung).

Secara agama perkawinan ini sah. Namun tetap saja, ini dilarang secara adat. Memang tidak berdosa melakukan ini. Tetapi begitulah ketentuan adat.

Alasan panjang bisa diuraikan kenapa ini dilarang. Perbendaharaan kata dilarang di sini bukan berarti mengharamkan. Bisa saja, melakukan kawin sesuku. Namun konsekuensinya akan dikenakan denda hingga diusir dari kampung.

Perkawinan sesuku dianggap akan merusak hubungan antara anggota kaum. Salah satunya dalam hal pemberian warisan tingkat tinggi. Tentu tata laksana kelanjutan pewarisan harta tingkat tinggi akan jadi rusak.

Sisi positifnya, dengan melarang kawin sasuku, mengajarkan masyarakat untuk lebih bersosialisasi, mengenal banyak orang, dan menjalin hubungan kekerabatan yang lebih luas.

2. Rumah Tangga tidak akan Bertahan Lama

Konon dengan melakukan kawin sesuku, akibatnya bahtera rumah tangga akan karam. Tidaklah demikian juga sebenarnya.

Bisa dilihat ada yang kawin se-suku bisa menjalani rumah tangganya dengan baik. Namun tetap saja, ketika tidak mematuhi aturan adat, ada konsekuensi dari masyarakat yang harus anda hadapi.

3. Anak akan cacat, akhlak tidak baik dll

Secara keilmuan ataupun metode ilmiah ini belum bisa dicap sebagai hal yang valid. Namun, kembali ini menjadi sebuah mitos yang menakutkan.

Namun pada dasarnya jika memang Minang sejati tentu tak akan melakukan hal ini. Adapun perihal cinta, ingatlah 'Kumbang Indak saikua, Bungo Indak Satangkai'.

Agiah Komen Gai La Sanak

   


Loading...
Nama

Adaik,35,bahasa minang,6,Budaya,74,Carito,14,Dibao Galak,8,istilah,14,Pantun,12,Papatah,9,Resep Minang,10,Sajarah,33,Tokoh,10,Warisan,27,
ltr
item
Minangkabau: Mitos Mitos Kawin Sesuku di Minangkabau
Mitos Mitos Kawin Sesuku di Minangkabau
https://3.bp.blogspot.com/-JF9gvumHrnE/WUBFTdWgnVI/AAAAAAAAGog/uqideRPocJMnPLan_UM8Y2BY6UwCwA4BwCPcBGAYYCw/s400/new%2Byork%2Btime%2Bsquare.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-JF9gvumHrnE/WUBFTdWgnVI/AAAAAAAAGog/uqideRPocJMnPLan_UM8Y2BY6UwCwA4BwCPcBGAYYCw/s72-c/new%2Byork%2Btime%2Bsquare.jpg
Minangkabau
http://www.anakminang.com/2019/02/mitos-mitos-kawin-sesuku-di-minangkabau.html
http://www.anakminang.com/
http://www.anakminang.com/
http://www.anakminang.com/2019/02/mitos-mitos-kawin-sesuku-di-minangkabau.html
true
2180777074329911998
UTF-8
Sadang Proses Indak Basuo Caliak Sadono Baco Langkok Baleh Indak Jadi Baleh Apuih Oleh Laman Utamo Laman Artikel Caliak Sadonyo Iko Lasuah Lo Tantang Kumpulano SEARCH Kasadono Ndak Basuo nan Sanan Mintak Baliak Ka Hal Utamo Akaik Sinayan Salasa Rabaa Kamih Jumaik Satu Akaik Sinayan Salasa Rabaa Kamih Jumaik Satu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Aguih September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Dec Sabanta Ko 1 minik nan lalu $$1$$ minik lalu 1 nan lalu $$1$$ jam nan lalu Karik Parang $$1$$ patang $$1$$ minggu patang labiah 5 minggu Followers Follow Iko Bamanpaik Bana Bagian dulu baru tabukak gembok no mah Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy