'Marosok', Budaya Jual Beli Ternak Sapi dan Kerbau ala Minangkabau

Gambar dari bakaba. net Memiliki ternak berupa sapi dan kerbau bukan hal asing bagi kehidupan sehari hari di Minangkabau. Ini bisa dise...

jual beli ternak dengan marosok
Gambar dari bakaba. net
Memiliki ternak berupa sapi dan kerbau bukan hal asing bagi kehidupan sehari hari di Minangkabau. Ini bisa disebut sebagai sebuah investasi atau tabungan bagi pemiliknya. Biasanya ini akan digembalakan hingga besar dan dijual. Selain itu sapi dan kerbau ini juga dipelihara untuk membantu pekerjaan sehari hari di sawah dan ladang. Membajak sawah dengan sapi dan kerbau, tapi yang mungkin peran ini sudah mulai digantikan traktor sebagai alat pertanian modern. Bahkan jika kita mundur ke tak jauh dekade, sebut saja tahun 80-an. Masih ditemukan transportasi pedati yang menggunakan tenaga kerbau.

Tidak membahas bagaimana cara mengembalakan sapi atau kerbau yang benar. Namun ditilik dari sudut pandang bagaimana uniknya transaksi jual beli hewan ternak sapi dan kerbau ini di Minangkabau. Secara umum ini berlaku di semua 'pasa taranak' di wilayah Minangkabau.
[post_ads]
Ketika terjadi transaksi jual beli, tidak lazim seperti pasar biasanya. Tawar menawar harga biasanya dilakukan dengan 'marosok'. Mereka tidak akan bercakap dengan mulut dan bahasa ' Anda jual berapa, anda mau beli berapa'

Penjual dan pembeli biasanya akan bersalaman dimana tangan mereka ditutupi sarung. Lalu mereka akan memainkan tangan di dalam sarung untuk bertransaksi harga. Artinya, ketika mereka bernegoisasi tak ada orang lain tahu. Demikian rahasianya nego dan transaksi dalam pasar ternak di wilayah Minangkabau.

Dengan begini jika mereka sepakat maka terjadilah jual beli, jika tidak maka kerahasiaan harga tetap terjaga. Ini artinya tetap menjaga harga agar calon pembeli ke dua tidak mudah bermain harga karena tahu tawaran calon pembeli pertama jika saja dilakukan secara terbuka.

Konon tradisi transaksi seperti ini sudah ada semenjak raja raja Minangkabau dahulu. Sampai saat sekarang ini model transaksi seperti ini masih dilaksanakan.

Dari beberapa orang yang ditemui, berikut salah satu ilustrasi penentuan kesepakatan harga antara penjual dan pembeli dengan cara 'marosok' ini.
[post_ads_2]

Ilustrasi Marosok

A ingin menjual sapi seharga 6,4 juta pada B. Mereka bersalaman dimana A memegang
telunjuk B. Artinya ini 10 juta Rupiah. Setelah itu 4 jari lain di genggam dan di goyang ke kiri. Artinya di kurang 4 juta. Sampai disini harga 6 juta. 

Penunjuk harga 400 rb rupiah, 4 jari digoyang dan digengamkan lagi kemudian dihentakkan. Bila terjadi kesepakatan maka tangan dilepaskan dan uang diberikan.

Tentu saja melakukan hal semacam ini tidak mudah. Harus cepat dan tangkas merasakan gerakan jari. Disinilah salah satu bentuk kearifan dari masyarakat Minangkabau. Alun takilek alah takalam.

Agiah Komen Gai La Sanak

   


Loading...
Nama

Adaik,35,bahasa minang,8,Budaya,75,Carito,14,Dibao Galak,8,info,3,istilah,15,Pantun,12,Papatah,9,Resep Minang,10,Sajarah,34,Tokoh,10,Warisan,28,
ltr
item
Minangkabau: 'Marosok', Budaya Jual Beli Ternak Sapi dan Kerbau ala Minangkabau
'Marosok', Budaya Jual Beli Ternak Sapi dan Kerbau ala Minangkabau
https://1.bp.blogspot.com/-ZnWDIDcNKcI/XSK_2iFTp6I/AAAAAAAAMjg/_KXg4e3un0E91fAC7n4AAwaAGrNZGvbYQCLcBGAs/s640/kover.png
https://1.bp.blogspot.com/-ZnWDIDcNKcI/XSK_2iFTp6I/AAAAAAAAMjg/_KXg4e3un0E91fAC7n4AAwaAGrNZGvbYQCLcBGAs/s72-c/kover.png
Minangkabau
http://www.anakminang.com/2019/07/marosok-budaya-jual-beli-ternak-sapi.html
http://www.anakminang.com/
http://www.anakminang.com/
http://www.anakminang.com/2019/07/marosok-budaya-jual-beli-ternak-sapi.html
true
2180777074329911998
UTF-8
Sadang Proses Indak Basuo Caliak Sadono Baco Langkok Baleh Indak Jadi Baleh Apuih Oleh Laman Utamo Laman Artikel Caliak Sadonyo Iko Lasuah Lo Tantang Kumpulano SEARCH Kasadono Ndak Basuo nan Sanan Mintak Baliak Ka Hal Utamo Akaik Sinayan Salasa Rabaa Kamih Jumaik Satu Akaik Sinayan Salasa Rabaa Kamih Jumaik Satu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Aguih September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Dec Sabanta Ko 1 minik nan lalu $$1$$ minik lalu 1 nan lalu $$1$$ jam nan lalu Karik Parang $$1$$ patang $$1$$ minggu patang labiah 5 minggu Followers Follow Iko Bamanpaik Bana Bagian dulu baru tabukak gembok no mah Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy