Biografi dan Kisah Perjuangan Sutan Syahrir

Di banyak kesempatan berbicara sejarah, nama Sutan Syahrir (juga di eja Sutan Sjahrir) tentu termasuk seorang lelaki yang tak boleh dilupaka...

Di banyak kesempatan berbicara sejarah, nama Sutan Syahrir (juga di eja Sutan Sjahrir) tentu termasuk seorang lelaki yang tak boleh dilupakan sepak terjangnya dalam perjuangan kemerdekaan negara Indonesia ini. Banyak jalan yang diberi dengan nama beliau sebagai upaya mengenang jasa beliau atas terbebasnya negeri ini dari kolonialisme. Lebih dalam mari kita kenali beliau dengan beberapa utasan di bawah ini.

Kehidupan Soetan Sjahrir

Beliau lahir tepatnya di Padang Panjang  pada tangga; 5 bulan ke-tiga tahun 1909. Dan wafat fi tanggal 9 April pada tahun 1966. Pernah mengemban amanat sebagai perdana menteri Indonesia di masa bakti 14 Nov 1945 sampai 20 Jun 1947. Dikenal juga sebagai pendiri Partai Sosialis Indonesia .. Beliau tetap dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Pendidikan Sutan Syahrir

Pendidikan dasar ELS dan sekolah Menengah (waktu itu MULO) diperoleh di Medan. Beliau aktif membaca buku berbahasa Belanda mulai dari pengetahuan hingga novel, sejarah dll. Kegiatan malam ikut bermain musik di Hotel de Boer dengan tamu dari bangsa asing dahulunya.

Se-tamat di sekolah MULO pendidikan beliau dilanjutkan di sekolah AMS Bandung. Tahukah anda jika itu sekolah adalah sekolah HIndia Belanda yang termahal kala itu. Kegiatanya di isi dengan ikut serta tergabung dalam Himpunan Teater Mahasiswa Indonesia. Aktor, penulis skenario hingga sutradara dijalaninya. Dari hasil tersebut beliau mendanai sekolah yang didirikannya yakni  Tjahja Volksuniversiteit, Cahaya Universitas Rakyat.

Bukan sekedar mahasiswa kutu buku, aktivitas beliau dikenal pada debat sekolah, aktivis pendidikan yang memberikan pendidikan gratis pada orang tak mampu melalui Tjahja Volksuniversiteit. Hingga pada suaatu titik aksi beliah menyentuh perpolitikan. 

Beliau termasuk 10 penggagas pendiri Himpunan pemuda nasionalis yang diwadahkan dalan Jong Indonesie. Inilah yang menjadi promotor lahirnya sumpah pemuda.

Takdir belajar membawa belkiau ke Belanda di Universitas Amsterdam pada fakultas HUkum. Sosialisme dia dalami. Akrab dengan Salomon Tas, dan istri Salomon Tas ini yakninya Maria Duchetau yang dinikahi Syahrir. Namun pernikahannya tak berlangsung lama.

Karena paham sosialisme, beliah sangat anti liberalisme. Kehidupannya menerapakan berbagi dengan yang lain. Kecuali dalam satu hal, sikat gigi. Begitulah kenang teman dekat beliau Salomon Tas. Beliau juga aktif dalam perhimpaunan Indonesia (PI) yang dipimpin M. Hatta waktu itu. Bersama dengan proklamator tercinta, Hatta beliau aktif menulis di majalah pendidikan nasional kala itu, Daulat Rakjat. Pendidikan adalah jalan utama untuk kemerdekaan, itulah salah satu kalimat paling membara dari beliau.

Perpolitikan Sutan Syahrir

Pada tahun 1932, Hatta dan Syahrir menuntun PNI Baru setelah kembali dari Belanda. LAhirlah kader pergerakan yang aktif yang dinilai pemerintah Belanda lebih radikal dibanding PNI Soekarno yang hanya bertumpu pada gerakan massa. Para kader PNI Baru lebih cendrung revolusioner.

Ancaman ini ditanggapi pemerintah Belanda pada Februari tahun 1934. Hatta, Syahrir dan beberapa anggota PNI Baru diasingkan ke Boven Digul. Akhirnya karena wabah malaria, mereka dipindahkan ke Bnada Neira dan diasingkan dalam waktu 6 tahun.

Syarir pada Masa Pendudukan Jepang

Saat Soekarno dan Hatta 'bekerja sama' dengan Jepang, sikap Syahrir justru berkebalikan. Dengan massa nya, Syahrir lebihmemilih gerakan bawah tanah yang progresif dalam upaya mencapai kemerdekaan Indonesia. Ini tepat sekali dengan prediksi beliau, bahwasanya Jepang tak mungkin memenangkan perperangan.

Gerakan rombongan Syahrir ini yang mendesak kemerdekaan Indonesia pada tanggal 15 Agustus, dimana pada masa masa tersebut Jepang diporak porandakan tentara Sekutu. Ini karena Syahrir begitu jeli dan update berita terbaru dari Luar negeri. Sementara Duo Proklamator belum mengetahui berita kekalahan Jepang tidak begitu merespon Syahrir dan memilih menunggu janji kemerdakaan Indonesia dari Jepang pada tanggal 24 September 1945.

Tentu sikap tersebut membuat pemuda pemuda di bawah pimpinan Syahrir menggebu. Jika tetap mengandalkan janji Jepang, maka kemerdekaan Indonesia terkesan sebagai hadiah dari Jepang. Menyelesaikan permasalahan ini, makanya Soekarno Hatta di culik pemuda yang dikenal dengan peristiwa Rengasdengklok. Berdasarkan kesepakatan Soekarno Hatta dan pemuda revolusioner maka disepakati kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus diproklamirkan.

Syahrir saat Revolusi Nasional Indonesia

Tan Malaka dan Syahrir, dikenal sebagia 2 tokoh tebebas dari kolaborasi bantuan Jepang untuk kemerdekaan Indonesia. Sikap mereka tetap memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dengan tumpah darah pergerakan perjuangan rakyat Indonesia.

Adalah tertuang dalam buku Perjuangan Kita, karya Sutan Syahrir. Buku ini mengungkap masalah dalam revolusi Indonesia lengkap dengan analisis politik, ekonomi dunia paska Perang Dunia ke-dua.

Tulisan Syahrir mengarah pada penyerangan pada Soekarno. Sangat  bersebarangan dengan Soekarno. Jika Soekarno memprioritaskan persatuan dan kesatuan, Syahrir malah mengungkapkan,
Sikap persatuan hanya akan bersifat taktis, temporer, dan karena itu insidental. Usaha-usaha untuk menyatukan secara paksa, hanya menghasilkan anak banci. Persatuan semacam itu akan terasa sakit, tersesat, dan merusak pergerakan.
Juga dalam tulisannya terdapat bagian,
Nasionalisme yang Soekarno bangun di atas solidaritas hierarkis, feodalistis: sebenarnya adalah fasisme, musuh terbesar kemajuan dunia dan rakyat kita
Perjuangan Syahrir tidak berakhir sia-sia. Pada November 1945, karena ketajaman instink politiknya beliau ditunjuk Soekarno sebagai pembentuk kabinet Parlementer. Pada usia tersebut beliau adalah tokoh termuda di dunia yang menjadi Perdana Menteri termuda disamping rangkap jabatan sebagai Menteri Luar Neger dan Menteri Dalam Negeri. Lanjutkan Membaca : Perjuangan Syahri setelah Kemerdekaan Indonesia dan Gaya Diplomasi Syahrir.

Agiah Komen Gai La Sanak

Nama

Adaik,36,bahasa minang,8,Budaya,80,Carito,14,Dibao Galak,10,info,3,istilah,15,komputer,4,Pantun,12,Papatah,10,Resep Minang,10,Sajarah,37,Tokoh,13,Warisan,29,
ltr
item
Minangkabau: Biografi dan Kisah Perjuangan Sutan Syahrir
Biografi dan Kisah Perjuangan Sutan Syahrir
https://1.bp.blogspot.com/--H7_9uBAmjk/Xtj4Yq5Nf-I/AAAAAAAANWU/Ruxvw8a9aq8LJWcO7_wKyT5cSWYVS1seQCLcBGAsYHQ/s1600/minangkabau.jpg
https://1.bp.blogspot.com/--H7_9uBAmjk/Xtj4Yq5Nf-I/AAAAAAAANWU/Ruxvw8a9aq8LJWcO7_wKyT5cSWYVS1seQCLcBGAsYHQ/s72-c/minangkabau.jpg
Minangkabau
http://www.anakminang.com/2020/06/biografi-dan-kisah-perjuangan-sutan.html
http://www.anakminang.com/
http://www.anakminang.com/
http://www.anakminang.com/2020/06/biografi-dan-kisah-perjuangan-sutan.html
true
2180777074329911998
UTF-8
Sadang Proses Indak Basuo Caliak Sadono Baco Langkok Baleh Indak Jadi Baleh Apuih Oleh Laman Utamo Laman Artikel Caliak Sadonyo Iko Lasuah Lo Tantang Kumpulano SEARCH Kasadono Ndak Basuo nan Sanan Mintak Baliak Ka Hal Utamo Akaik Sinayan Salasa Rabaa Kamih Jumaik Satu Akaik Sinayan Salasa Rabaa Kamih Jumaik Satu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Aguih September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Dec Sabanta Ko 1 minik nan lalu $$1$$ minik lalu 1 nan lalu $$1$$ jam nan lalu Karik Parang $$1$$ patang $$1$$ minggu patang labiah 5 minggu Followers Follow Iko Bamanpaik Bana Bagian dulu baru tabukak gembok no mah Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy