Perguruan Silat Taralak di Jorong Lambah, Nagari Koto Gadang

Eksistensi silek tuo (silat tua) sebagai salah satu pegangan ilmu diri anak minang bisa dibilang sudah tak begitu mendatangkan minat besar...

Eksistensi silek tuo (silat tua) sebagai salah satu pegangan ilmu diri anak minang bisa dibilang sudah tak begitu mendatangkan minat besar untuk dipelajari di generasi ini. Padahal jika dikaji secara mengakar, begitu banyak aliran aliran silat tuo Minangkabau yang memiliki keampuhan dalam melindungi diri.

Di sana, pinggir Danau Maninjau dapat dijumpai sebuah perguruan ilmu silek tuo. Upaya melestarikan budaya dan seni ini memang masih ada walaupun tak begitu menggema dibanding ilmu bela diri imporan dari luar negeri sejenis Karate. Ya, tetap ada walau tak begitu banyak.

Perguruan silat ini dikenal dengan nama Sasaran Silat Ikatan Pemuda Kampuang Sariak atau disingkat IPKS. Perguruan yang berada di Jorong Lambah, nagari Koto Gadang- Kecamatan Tanjung Raya ini memang sempat vakum, namun perlahan mulai bangkit semenjak tahun 2014.

Beberapa pemuda tetap dengan penuh hati belajar ilmu silat ini. Bisa ditemukan gelaran latihan mereka tiap malam Minggu rutin untuk setiap pekan.

Adalah aliran silat ini dikenal dengan nama Silat Taralak atau silek taralak. Aliran Silek Taralak ini lebih dominan menggunakan gerakan pada tangan. Aliran ini cukup mematikan dan tajam. Gerakan dan jurus dalam silat ini banyak di adopsi oleh banyak perguruan silat modern yang lebih menfokuskan diri untuk laga.

Dikutip dari media Pasbana. com, seorang pemuda dengan nama Ari memiliki rasa bangga tersendiri telah jadi bagian dalam perguruan silat ini meskipun masih duduk di bangku Sekolah menengah Atas (SMA). Selain itu juga ada beberapa anak muda nan masih bersekolah yang juga belajar di perguruan ini.

Sasaran ini memang ditujukan untuk menyelamatkan generasi muda dari kegiatan yang tak berfaedah. Memperkenalkan dan melestarikan budaya seni bela diri asli ranah Minang. Selain kemampuan untuk membela diri, juga para penuntut ilmu di sasaran ini dibekali dengan ilmu agama dan pengetahuan adat istiadat Minangkabau.

Nah, jika berminat untuk mendalami seni beladiri Silat, mungkin salah satunya bisa dicoba mendalami Silek Taralak ini. Sebagai pilihan dan pabila ada waktu, anda bisa berkunjung ke Jorong Lambah, nagari Koto Gadang- Kecamatan Tanjung Raya. (sumber utama: pasbana. com)

Agiah Komen Gai La Sanak

Nama

Adaik,39,bahasa minang,8,Budaya,80,Carito,14,Dibao Galak,10,info,3,istilah,15,Pantun,12,Papatah,10,Resep Minang,10,Sajarah,37,Tokoh,13,Warisan,29,
ltr
item
Minangkabau: Perguruan Silat Taralak di Jorong Lambah, Nagari Koto Gadang
Perguruan Silat Taralak di Jorong Lambah, Nagari Koto Gadang
https://1.bp.blogspot.com/-iQtk4vpooZs/XtnMUBvajXI/AAAAAAAANWo/5ikZiPFbHSsoHDngfm9yVY7AhYDmUAuXgCLcBGAsYHQ/s640/taralak%2B2.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-iQtk4vpooZs/XtnMUBvajXI/AAAAAAAANWo/5ikZiPFbHSsoHDngfm9yVY7AhYDmUAuXgCLcBGAsYHQ/s72-c/taralak%2B2.jpg
Minangkabau
http://www.anakminang.com/2020/06/dimana-belajar-silat-taralak.html
http://www.anakminang.com/
http://www.anakminang.com/
http://www.anakminang.com/2020/06/dimana-belajar-silat-taralak.html
true
2180777074329911998
UTF-8
Sadang Proses Indak Basuo Caliak Sadono Baco Langkok Baleh Indak Jadi Baleh Apuih Oleh Laman Utamo Laman Artikel Caliak Sadonyo Iko Lasuah Lo Tantang Kumpulano SEARCH Kasadono Ndak Basuo nan Sanan Mintak Baliak Ka Hal Utamo Akaik Sinayan Salasa Rabaa Kamih Jumaik Satu Akaik Sinayan Salasa Rabaa Kamih Jumaik Satu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Aguih September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Dec Sabanta Ko 1 minik nan lalu $$1$$ minik lalu 1 nan lalu $$1$$ jam nan lalu Karik Parang $$1$$ patang $$1$$ minggu patang labiah 5 minggu Followers Follow Iko Bamanpaik Bana Bagian dulu baru tabukak gembok no mah Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy