Estetika Cinta di Ranah Minang

Hidup tanpa kisah cinta akan terasa hambar. Sebenarnya tak hanya di lingkup ranah Minang. Bisa dipastikan itu dimana saja dan kapan saja. ...

Hidup tanpa kisah cinta akan terasa hambar. Sebenarnya tak hanya di lingkup ranah Minang. Bisa dipastikan itu dimana saja dan kapan saja. Bisa diperhatikan diberbagai belahan dunia, selalu ada kisah cinta yang menarik untuk diikuti, entah itu nanti berakhir bahagia atau happy ending kata orang orang ataupun malah sebaliknya.

Sebut saja di Eropa Balada Romeo dan Juliet begitu menjajah ke seluruh bagian dunia. Kisah kasih yang tak lekang oleh waktu dan bertahan hingga berabad abad ceritanya. Bahkan dalam negeri dongeng seperti putri tidur pun memiliki kisah cinta tersendiri. Sang putri akan terbangun pabila seorang pangeran tampan menciumnya.

Begitu pulalah agaknya di negeri bundo kanduang. Kisah cinta muda mudi menjadi hal hal yang menarik untuk diikuti. Baik dalam kasih tak sampai, ataupun cinta terlarang.

Yang paling membekas dan populer itulah Siti Nurbaya. Hingga generasi sekarang masih menjadi pameo jitu ketika ada perkawinan paksa. Dijodohkan, maka terkenang kembali akan Jaman Siti Nurbaya. Bahkan untuk Siti Nurhaliza tak mampu menggelamkan popularitas Siti Nurbaya.

Ceritera cinta, ya semacam magnet tersendiri untuk dipaparkan. Baik hanya cerita mulut ke mulut yang turun temurun hingga menjadi karya sastra dari suatu generasi ke generasi lanjutnya.

Tak terlepas juga kisah cinta si Doel anak Betawi yang berurai menjadi si Doel Anak Sekolah, si Doel Anak Pinggiran. Telaah yang lebih jauh, sang penulis Aman Dt Majoindo sendiri adalah seorang berdarah Minang. Tentu instink penulisan alur cerita ini banyak dipengaruhi oleh dirinya dan alam Minang. Hanya saja latar yang di bawa berupa Betawi.

Menyentuh seni suara, lirik lirik lagu tak sedikit pula yang mengisahkan tentang cinta. All about love, istilah bahasa Inggrisnya. Dari sekian banyak kisah cinta yang pilu tentu akar masalah kisah tersebut bisa kita sentuh dengan melihat berbagai aspek, diantaranya:

Aspek Ekonomi Sosial. Perbedaan status sosial, keadaan ekonomi adalah hal yang cukup menarik jika dipadukan dengan kisah cinta. Banyak tentangan dan hadangan ketika dua insan bermasyuk dalam kasih namun terhalang oleh perbedaan tersebut. Tergolong klasik, tetapi tetap saja daya tarik kisah ini tak lekang oleh waktu.

Aspek Budaya, terkhusus dalam tatanan adat Minangkabau. Salah satu terhambatnya kesatuan cinta terjadi adalah karena budaya dan adat istiadat. Kita mengenal dengan istilah “Sasuku”. Kesamaan suku dianggap sebagai pertalian darah dan agak tabu untuk dllanjutkan jika terjadi cinta satu suku ini. Diusir dari kampung, membayar sejumlah denda mungkin saja bisa ditebus. Namun tetap akan membuat nama baik yang tercemar di lingkungan masyarakat. 

Selain itu, budaya Merantau. Juga menjadi tema perkasihan dalam banyak cerita dan lagu. Uda dirantau, adiak manunggu. Kira kira begitulah sederhananya.

Beigtulah cinta dalam estetika. Selalu indah, kadang indah untuk yang merasa, ataupun jika tidak indah untuk yang merasakan cinta itu sendiri; maka indah untuk orang yang menyimak kisah cinta tersebut.

Agiah Komen Gai La Sanak

Nama

Adaik,39,bahasa minang,8,Budaya,80,Carito,14,Dibao Galak,10,info,3,istilah,15,Pantun,12,Papatah,10,Resep Minang,10,Sajarah,37,Tokoh,13,Warisan,29,
ltr
item
Minangkabau: Estetika Cinta di Ranah Minang
Estetika Cinta di Ranah Minang
https://1.bp.blogspot.com/-6CT28lCSwKw/WR8pO9FNRhI/AAAAAAAAGCc/a6_v-plU4B88cLdBVCdjo-6gzGeqKHLogCPcBGAYYCw/s640/ponsel%252Chp%252Ckredit%252Cbank%252Charga.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-6CT28lCSwKw/WR8pO9FNRhI/AAAAAAAAGCc/a6_v-plU4B88cLdBVCdjo-6gzGeqKHLogCPcBGAYYCw/s72-c/ponsel%252Chp%252Ckredit%252Cbank%252Charga.jpg
Minangkabau
http://www.anakminang.com/2020/06/kisah-cinta-di-ranah-minang.html
http://www.anakminang.com/
http://www.anakminang.com/
http://www.anakminang.com/2020/06/kisah-cinta-di-ranah-minang.html
true
2180777074329911998
UTF-8
Sadang Proses Indak Basuo Caliak Sadono Baco Langkok Baleh Indak Jadi Baleh Apuih Oleh Laman Utamo Laman Artikel Caliak Sadonyo Iko Lasuah Lo Tantang Kumpulano SEARCH Kasadono Ndak Basuo nan Sanan Mintak Baliak Ka Hal Utamo Akaik Sinayan Salasa Rabaa Kamih Jumaik Satu Akaik Sinayan Salasa Rabaa Kamih Jumaik Satu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Aguih September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Dec Sabanta Ko 1 minik nan lalu $$1$$ minik lalu 1 nan lalu $$1$$ jam nan lalu Karik Parang $$1$$ patang $$1$$ minggu patang labiah 5 minggu Followers Follow Iko Bamanpaik Bana Bagian dulu baru tabukak gembok no mah Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy