Tradisi Ratik Tagak dari Sikaladi

Berbagai cara dilakukan dalam menyambut dan memeriahkan hari Raya Idul Fitri. Dari Jorong Sikaladi, Nagari Pariangan di Tanah Datar ini ada...


Berbagai cara dilakukan dalam menyambut dan memeriahkan hari Raya Idul Fitri. Dari Jorong Sikaladi, Nagari Pariangan di Tanah Datar ini ada sebuah tradisi turun temurun yang telah dilakukan sejak dahulu kala. Pelaksanaan tradisi yang disebut dengan Ratik Tagak ini biasanya pada 6 hari setelah Lebaran (Rayo Anam).

Bukan juga harus bertepatan dengan 6 hari setelah lebaran. Intinya dilaksanakan dalam suasana rayo anam di Kamis Malam pertama. Setelah melaksanakan puasa sunat Syawal (puaso anam) masyarakat di nagari tersebut berziarah dan berdoa bersama keluarga. Para kaum perempuan akan membawa makanan dengan dulang (sejenis piring besar). Ziarah ke makam ini dikenal dengan Katompat.

Tradisi ini telah berlangsung secara turun temurun. Puncak acara ini ada di petang Kamis, Malam Jumat di pandam pekuburan Sipuan Raya Suku Pisang. Tahlil, doa dan Dzikir akan terdengar dalam kegiatan tersebut.

Dipilihnya petang kamis malam jumat, bukan sekedar tanpa alasan. Menurut keyakinan masyarakat, pada waktu tersebut arwah dari keluarga yang telah meninggal akan pulang. Di sanalah waktu yang tepat untuk berdoa untuk mereka.

Dulang atau talam yang dibawa, sebagaimana dijelaskan di atas diisi dengan makanan seperti nasi bungkus. Makanan tersebut bukan diberikan sebagai sesajen melainkan dibagikan pada masyarakat yang hadir. Apalagi moment tersebut banyak perantau yang pulang kampung, pastinya ini salah satu cara terbaik dalam merekat tali silaturahmi.
Bagi masyarakat Sikaladi, Hari Rayo Anam sangat meriah jika dibandingkan dengan hari raya Idul Fitri. Karena pada hari rayo anam itu, seluruh anak kemenakan Jorong Sikaladi, baik yang tinggal di kampung halaman maupun di perantauan akan pulang kampung dan berkumpul semuanya.
Proses tahlil dan Dzikir jika kebanyakan dilakukan secara duduk, maka di sini letak keunikan dari Ratik Tagak. Dzikir dan Tahlil dilakukan secara berdiri. Maka oleh sebab itu dsebut dengan ratik Tagak (ratik = baca tahlil dan dzikir ; tagak = berdiri).

Jika hari cerah bisa dipastikan setidaknya minimal 200 talam akan di bawa kaum perempuan. Selain dibagi-bagikan pada masyarakat yang hadir, juga bekal tersebut akan dimakan secara bersama di perkuburan saat setelah ziarah.

Rentetan acara tersebut juga dimeriahkan dengan beberapa acara pemuda seperti panjat Pinang. Nah, pabila ada waktu dan anda binggung pergi beraya kemana pada hari lebaran, bisa pulalah jalan jalan lihat prosesi ratik tagak ini.

















Agiah Komen Gai La Sanak

Nama

Adaik,39,bahasa minang,8,Budaya,80,Carito,14,Dibao Galak,10,info,3,istilah,15,Pantun,12,Papatah,10,Resep Minang,10,Sajarah,37,Tokoh,13,Warisan,29,
ltr
item
Minangkabau: Tradisi Ratik Tagak dari Sikaladi
Tradisi Ratik Tagak dari Sikaladi
https://1.bp.blogspot.com/-my-D7PuOo3I/XtnQyJUg3FI/AAAAAAAANW4/G21UgUqkqDob42fT8a7veUoRiCOGbRJoQCLcBGAsYHQ/s640/taralak%2B2.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-my-D7PuOo3I/XtnQyJUg3FI/AAAAAAAANW4/G21UgUqkqDob42fT8a7veUoRiCOGbRJoQCLcBGAsYHQ/s72-c/taralak%2B2.jpg
Minangkabau
http://www.anakminang.com/2020/06/tradisi-ratik-tagak-dari-sikaladi.html
http://www.anakminang.com/
http://www.anakminang.com/
http://www.anakminang.com/2020/06/tradisi-ratik-tagak-dari-sikaladi.html
true
2180777074329911998
UTF-8
Sadang Proses Indak Basuo Caliak Sadono Baco Langkok Baleh Indak Jadi Baleh Apuih Oleh Laman Utamo Laman Artikel Caliak Sadonyo Iko Lasuah Lo Tantang Kumpulano SEARCH Kasadono Ndak Basuo nan Sanan Mintak Baliak Ka Hal Utamo Akaik Sinayan Salasa Rabaa Kamih Jumaik Satu Akaik Sinayan Salasa Rabaa Kamih Jumaik Satu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Aguih September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Dec Sabanta Ko 1 minik nan lalu $$1$$ minik lalu 1 nan lalu $$1$$ jam nan lalu Karik Parang $$1$$ patang $$1$$ minggu patang labiah 5 minggu Followers Follow Iko Bamanpaik Bana Bagian dulu baru tabukak gembok no mah Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy